Sukses

Takut Rambut Rontok, Cegah dengan Makanan Ini

Asupan yang baik ternyata berperan dalam mencegah kerontokan rambut. Makanan apa saja yang dimaksud? Simak selengkapnya di sini!

Setiap orang pasti ingin memiliki rambut sehat dan kuat. Proses yang menjadi dasar rambut yang kuat ini ternyata tergantung dari pola makan sehari-hari yang seimbang.

Asupan nutrisi dapat membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang sehat inilah yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

Walaupun penyebab kerontokan rambut bisa bermacam-macam, salah satu cara untuk mencegah rambut rontok adalah dengan mengatur pola diet Anda. Aturlah menu makan Anda dengan menambahkan makanan pencegah rambut rontok berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Salmon

Salah satu makanan untuk mencegah kerontokan rambut adalah salmon. Kandungan tinggi protein dan vitamin D pada salmon yang merupakan kunci rambut yang kuat.

Selain itu, asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tubuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Artikel Lainnya: Diet Bikin Rambut Rontok? Ini Faktanya

2. Walnut

Walnut—semacam kacang kenari—termasuk makanan pencegah rambut rontok. Makanan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan biotin (vitamin B7) serta vitamin E yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA.

Nah, apabila Anda kekurangan biotin, kerontokan rambut tidak bisa dihindari. Biotin dan vitamin B6 bekerja pada rambut rontok dengan memperkuat folikel rambut.

2 dari 6 halaman

3. Oyster

Makanan lain yang dapat mencegah rambut rontok adalah oyster yang mengandung zink dalam jumlah tinggi. Kekurangan zink dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak.

Selain oyster, sumber zink lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, seperti roti whole grain, daging, dan telur.

4. Wortel

Wortel adalah sumber antioksidan beta-karoten yang baik. Oleh karena itu, makanan yang dikenal sehat untuk mata ini ternyata termasuk salah satu makanan untuk mencegah rambut rontok.

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dalam wortel penting untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala sehingga rambut terlihat sehat dan berkilau.

3 dari 6 halaman

5. Telur

Telur kaya akan vitamin B dan mengandung biotin dalam jumlah tinggi. Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Oleh karena itu, telur menjadi makanan pencegah rambut rontok.

Selain kandungan biotin, telur juga mengandung zat besi, zink, dan omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut.

Sumber asupan lain yang mengandung vitamin B dan tinggi biotin, di antaranya susu, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya.

6. Bayam

Makanan untuk mencegah rambut rontok lainnya adalah bayam. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat besi, beta-karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam yang mampu menjaga folikel rambut tetap sehat.

Selain beberapa kandungan di atas, bayam juga mengandung asam omega-3, kalium, magnesium, dan kalsium untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

4 dari 6 halaman

7. Daging Ayam

Daging ayam dan hewan unggas lainnya merupakan makanan yang kaya protein dan rendah lemak sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. Daging unggas juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Artikel Lainnya: Rambut Rontok Terus? Jangan-jangan Anemia!

8. Stroberi

Makanan pencegah rambut rontok berikutnya adalah buah stroberi. Buah ini termasuk salah satu buah dengan kadar vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kulit dan rambut.

Vitamin C juga berguna untuk penyerapan zat besi yang termasuk nutrien lain untuk mencegah kerontokan rambut.

5 dari 6 halaman

9. Brokoli

Seperti layaknya bayam, sayuran berwarna hijau tua ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik. Brokoli membantu menghasilkan sebum yang berperan sebagai kondisioner rambut alami.

10. Udang

Makanan lain yang dapat mencegah rambut rontok adalah udang. Manfaat ini diperoleh dari kadar zink yang tinggi pada udang. Banyak mengonsumsi zink dapat mencegah rambut menipis. Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi udang, terutama bagi Anda yang memiliki alergi udang.

Perlu diingat bahwa terkadang ada faktor-faktor lain selain makanan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain makanan pencegah rambut rontok, kebiasaan Anda dalam merawat rambut tiap hari juga berperan terhadap kesehatan rambut.

Bila kerontokan rambut terjadi secara terus-menerus dan dalam jumlah banyak, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Konsultasikan juga masalah rambut Anda kepada dokter lewat aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar