Sukses

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Tahukah Anda, kebotakan dapat dibantu dicegah dengan menjaga pola makan? Simak selengkapnya di sini bersama dr. Puti Naindra Alevia.

KlikDokter.com - Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat. 

Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat.

Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa.

Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein.

Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next.

1 dari 2 halaman

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi:

  • Salmon

Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Asam lemak esensial juga bisa didapatkan pada alpukat.

  • Walnut

Walnut, semacam kacang kenari, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan viotin serta vitamin E dan dapat menolong melindungi sel dari kerusakan DNA. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Oyster

Oyster kaya akan zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak. Sumber zinc lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, roti whole grain, daging, dan telur.

  • Wortel

Wortel merupakan sumber antioksidan beta karoten yang baik. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap sel dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan kaya mineral seperti zinc, selenium, sulfur, dan besi. Kandungan zat besi juga banyak terdapat pada daging.

  • Bayam

Kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam menjaga folikel rambut sehat. Alternatif lain adalah sayuran seperti brokoli.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar