Sukses

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

Batuk pada malam hari tentu akan sangat mengganggu kualitas tidur. Baca enam cara untuk meredakannya di sini.

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

KlikDokter.com - Flu dan batuk dapat muncul kapan saja, namun biasanya akan memberat pada malam hari. Hal ini terjadi karena pada malam hari, udara lebih dingin dan kering sehingga akan mengiritasi hidung dan tenggorokan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk pada malam hari:

1. Minum Teh Hangat dan Madu

Segelas teh hangat dan madu dapat mengurangi lendir dan membuat saluran napas lebih lembap. Madu juga efektif untuk menekan batuk. Tambahkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh hangat. Namun, jangan berikan madu untuk anak usia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulism.

2. Minum Obat Batuk

Terdapat dua jenis obat batuk, yakni expectorant yang bekerja dengan mengurangi produksi dahak, serta cough suppressant yang bekerja dengan cara memblok refleks batuk sehingga dapat mengurangi batuk. Bacalah label pada kemasan dengan baik. Obat batuk yang diminum harus sesuai dengan indikasi dan gejala.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Penyebab lain batuk semakin memberat pada malam hari selain udara dingin dan kering adalah gravitasi. Saat tidur terlentang, lendir yang tertelan pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan membuat iritasi pada saluran napas atas, serta memicu batuk. Gunakan bantal yang lebih tinggi saat tidur.

Berikut kiat-kiat lainnya untuk mengurangi batuk pada malam hari pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

Cerebrofort Multivitamin Lengkap untuk Tumbuh Kembang Anak

4. Siapkan Obat Sebelum Tidur

Sebelum tidur, pastikan Anda menyiapkan segelas air, obat batuk, dekongestan (pelega napas) di samping tempat tidur. Semakin cepat Anda mengobati batuk, semakin baik.

5. Gunakan Humidifier

Humidifier digunakan untuk membuat udara lebih lembap. Level kelembapan yang disarankan adalah 40-50%.

6. Bersihkan Tempat Tidur

Bersihkan tempat tidur dari zat-zat yang mampu memicu alergi dan membuat iritasi pada saluran napas, seperti debu, bulu binatang, dan lain-lain. 

0 Komentar

Belum ada komentar