Sukses

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

HPV atau human papillomavirus merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Terdapat sekitar 40 tipe HPV dan ditularkan melalui kontak seksual. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan kanker leher rahim (serviks). Untuk mencegahnya bisa dengan pemberian vaksin HPV. Simak selengkapnya di sini bersama dr. Nadia Octavia.

vaksin hpv kanker leher rahimKlikDokter.com - HPV atau human papillomavirus merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi.

Terdapat sekitar 40 tipe HPV dan ditularkan melalui kontak seksual. Kebanyakan infeksi HPV tidak memberikan gejala namun merupakan penyebab utama kanker serviks (HPV tipe 16 dan 18).

Apakah vaksin HPV itu?

Vaksin HPV merupakan vaksin inaktif yang dilemahkan dan dapat melindungi dari 4 tipe virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks dan genital warts.

1 dari 4 halaman

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Siapakah yang perlu mendapatkan vaksin HPV dan kapan?

Vaksin HPV dianjurkan bagi mereka yang akan menikah, pernah ataupun akan melakukan kontak seksual secara aktif. Vaksin ini juga dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena infeksi HPV:

Jika wanita tersebut telah terinfeksi virus HPV, vaksin ini tidak dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan.

Apakah wanita hamil boleh diberikan vaksin HPV? Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

vaksin hamil hpvWanita hamil sebaiknya menunda pemberian vaksin HPV. Walaupun vaksin ini aman bagi ibu dan janin, namun masih diperlukan adanya studi lebih lanjut mengenai keamanannya bagi wanita hamil.

Apakah risiko dari vaksin HPV?

Beberapa gejala dapat timbul dari pemberian vaksin ini

  • Nyeri pada tempat injeksi

  • Merah dan bengkak pada tempat injeksi

  • Demam

Gejala - gejala ini tidak berlangsung lama dan dapat hilang dengan sendirinya. Jika gejala bertambah parah,segera konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana jika terjadi reaksi yang parah setelah pemberian vaksin ini? Klik 'next' untuk mengetahuinya.

3 dari 4 halaman

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Jika terjadi reaksi yang berlebihan seperti: demam tinggi, reaksi alergi serius seperti: kesulitan bernafas, suara serak, mengi, pucat, lemah, denyut nadi cepat, ataupun pusing berputar, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Baca juga:

Kanker Getah Bening Olga Syahputra

Dampak Handphone Pada Kesehatan

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

 

0 Komentar

Belum ada komentar