Sukses

3 Kunci Awet Muda

Misteri penuaan merupakan misteri yang masih terus diselidiki oleh ilmuwan. Apakah yang menyebabkan seseorang menjadi lemah, berkeriput dan pada akhirnya meninggal dunia?

KlikDokter.com - Awet muda adalah impian banyak orang. Kulit tetap kencang dan stamina terjaga meski usia kian bertambah. Misteri penuaan merupakan misteri yang masih terus diselidiki oleh ilmuwan. Apa yang menyebabkan seorang menjadi lemah, berkeriput dan pada akhirnya meninggal dunia? Itu adalah pertanyaan misteri yang belum terjawab.

Proses penuaan bagai proses alami yang mutlak tidak dapat diubah. Namun, kini secercah harapan mulai terlihat dan menguak misteri penuaan pada manusia. Proses yang mendasari penuaan manusia diyakini karena pemendekan dari sebuah untaian tali genetik DNA manusia, bernama Telomer. Sel manusia senantiasa membelah atau berduplikasi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Nah, setiap sel yang berduplikasi dipercaya mengakibatkan telomer menjadi semakin pendek. Jadi semakin tua seseorang dan semakin banyak duplikasi sel yang terjadi, maka telomer akan semakin pendek. Pemendekan telomer ini akan berujung pada penuaan dan pada akhirnya kematian.

1 dari 2 halaman

3 Kunci Awet Muda

Cara mudah awet muda: Pola hidup sehat

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Ameriksa Serikat, pola hidup sehat ternyata dapat memperpanjang telomer. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pemendekan telomer berhubungan dengan penuaan. Walalupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil penelitian yang sudah ada, namun tentu hasil penelitian ini memberikan kunci awal bagaimana tetap awet muda dan sehat.

Pola hidup sehat yang dianjurkan dalam penelitian yang menjadi kunci awet muda adalah sebagai berikut:

  1. Cobalah makan protein berumber dari tanaman seperti kedelai, kacang-kacangan. Banyak makan sayur dan buah, makan gandum dan coba kurangi kandungan lemak dalam diet anda.

  2. Biasakan untuk berolah raga tingkat sedang selama 30 menit selama enam hari per minggu. Lari di sekitar rumah bisa jadi cara mudah menuju kesehatan.

  3. Kurangi tingkat stress Anda dengan melakukan aktivitas peregangan seperti yoga, latihan pernafasan dan meditasi selama setidaknya 60 menit setiap hari.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola hidup sehat berhubungan dengan pemanjangan telomer. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil penelitian ini, namun tidak ada salahnya mengadopsi pola hidup sehat. Pola hidup sehat seperti yang dipaparkan diatas, sudah terbukti bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, kita jaga pola makan dan  berolah raga teratur,  untuk hidup awet muda dan terhindar dari penyakit!

Artikel Terkait:

0 Komentar

Belum ada komentar