Sukses

Waspadai Gatal Pada Vagina

Apakah Anda pernah merasakan gatal pada vagina Anda? Waspadai terjadinya vaginosis bakterial pada vagina Anda. Simak info medis dr. Adhitia Kwee berikut.

KlikDokter.com - Apakah Anda pernah merasakan gatal pada vagina Anda? Waspadai terjadinya vaginosis bakterial pada vagina Anda.

Pada vagina terdapat bakteri baik atau disebut sebagai flora normal yang memang hidup pada liang vagina dalam jumlah tertentu yang tidak mengganggu kesehatan vagina. Dalam keadaan normal, vagina memiliki pH yang asam.

Flora normal tersebut hidup di liang vagina dalam kondisi pH asam. Namun, keadaan-keadaan tertentu dapat mengubah keadaan pH ini dari asam menjadi basa.

Kondisi basa pada liang vagina akan memungkinkan pertumbuhan bakteri jahat pada vagina karena bakteri-bakteri jahat tersebut menghasilkan basa dan menggemari lingkungan hidup yang basa. Akan terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri antara bakteri jahat dan bakteri baik.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke informasi berikutnya.

1 dari 2 halaman

Waspadai Gatal Pada Vagina

Hal ini menyebabkan timbulnya iritasi pada vagina, timbul rasa gatal atau terbakar pada vagina, dan lendir vagina menjadi berbau amis, mirip dengan bau ikan sehingga sering disebut fishy odor.

Lendir vagina tersebut akan menempel pada dinding vagina. Lendir tersebut berwarna putih keabu-abuan. Timbulnya bau terutama dapat timbul setelah melakukan hubungan seksual, bau darah saaat haid juga akan berbeda, menjadi lebih berbau tidak sedap.

Beberapa keadaan dapat merubah kondisi vagina yang asam menjadi basa, di antaranya semen, lendir vagina itu sendiri, darah haid, dan kebiasaan mencuci vagina (douching). Beberapa dari Anda mungkin salah paham dengan kebiasaan douching.

Mungkin douching diharapkan untuk membuat vagina menjadi bersih dari bakteri-bakteri yang mengganggu kesehatan. Namun kenyataannya, kebiasaan mencuci vagina ini menyebabkan flora normal vagina berkurang sehingga justru bakteri baik akan berkurang dan bakteri jahat akan bertambah banyak. Oleh karena itu untuk Anda yang memiliki kebiasaan untuk douching sebaiknya mulai dihentikan.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar