Sukses

Kulit Putih Mudah Rusak?

Konon katanya kulit yang lebih gelap memiliki daya tahan rusak lebih kuat daripada kulit putih. Benarkah? Simak selengkapnya disini oleh dr. Adithia Kwee

KlikDokter.com - Akibat pengaruh dari media masa yang banyak mengiklankan produk kecantikan pemutih kulit badan dan wajah menyebabkan terbentuknya pola pikir masyarakat yang beranggapan bahwa kulit putih menjadi dambaan siapa saja. Hal ini menyebabkan orang menjadi berlomba-lomba untuk memutihkan kulitnya, terutama kaum hawa.

Pada dasarnya, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan luar seperti suhu, trauma, ataupun paparan radiasi. Baik kulit putih maupun kulit hitam memiliki kemampuan pertahanan tersebut. 

Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita pun sebenarnya memancarkan radiasi.  Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat timbul bercak-bercak hitam pada kulit atau hiperpigmentasi, kemerahan seperti terbakar, atau jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit.

Baca terus info selengkapnya, klik next.

1 dari 2 halaman

Kulit Putih Mudah Rusak?

Baik kulit putih maupun kulit hitam, keduanya memiliki sel pembentuk pigmen. Namun, pada kulit hitam, sel pembentuk pigmen ini berjumlah lebih banyak daripada kulit putih sehingga daya pertahanannya terhadap radiasi UV ini lebih baik dibandingkan dengan kulit putih. Pada orang dengan kulit putih terbukti lebih mudah terkena kanker kulit.

Jadi, tidak selamanya kulit putih menjadi dambaan bukan? Namun bagi Anda yang berkulit putih jangan khawatir, cegahlah terjadinya kanker kulit ini dengan meminimalisir paparan radiasi UV. Bila berada di luar ruangan untuk waktu yang cukup lama, gunakanlah tabir surya. Tabir surya dengan kandungan Sun Protection Factor (SPF) 15 atau lebih mampu melindungi kulit Anda dengan sempurna.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar