Sukses

Kenali Berbagai Risiko Pemakaian Lensa Kontak

Meskipun lensa kontak merupakan salah satu cara mudah untuk memperbaiki kelainan refraksi, penggunaannya tidak berarti bebas risiko. Simak selengkapnya oleh dr. Dina Kusumawardhani disini.

Klikdokter.com - Penggunaan lensa kontak mulai banyak digemari oleh mereka yang memiliki kelainan refraksi. Selain mudah digunakan, terdapat berbagai pilihan warna yang dapat ‘mempercantik’ mata. Berbagai kelainan refraksi yang dapat dikoreksi diantaranya miopia, hiperopia, astigmatisme, dan presbiopia.

Meskipun lensa kontak merupakan salah satu cara mudah untuk memperbaiki kelainan refraksi, penggunaannya tidak berarti bebas risiko. Pada dasarnya, lensa kontak merupakan ‘benda asing’ bagi mata, sehingga terkadang akan muncul rasa tidak nyaman atau iritasi pada mata. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam)

Meskipun jarang terjadi, terdapat beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat pemakaian lensa kontak, pada halaman beriikut diantaranya:

1 dari 2 halaman

Kenali Berbagai Risiko Pemakaian Lensa Kontak

1.      Mata kering

2.      Masalah pada kornea:

·         Infeksi kornea (keratitis) yang jika tidak segera diterapi dapat menyebabkan kebutaan

·         Pembengkakan dan pandangan kabur akibat kornea kekurangan oksigen (hipoksia)

·         Goresan atau luka pada kornea

·         Perubahan bentuk kornea

3.      Reaksi alergi akibat cairan lensa kontak

4.      Peradangan pada mata

5.      Peradangan pada kelopak mata

Terdapat beberapa jenis lensa kontak (rigid gas-permeable atau soft lenses). Selalu ikuti petunjuk cara penggunaan dan perawatan dengan baik. Selalu jagalah higienitas dan jangan menggunakan lensa kontak semalaman. Sebagian besar pengguna lensa kontak memiliki masalah karena mereka tidak mengikuti petunjuk waktu penggunaan, disinfeksi, dan perawatan lensa kontak. (Baca: 5 Hal yang Dapat Anda Diskusikan Saat Datang Ke Dokter)

Selalu ajukan 3 pertanyaan berikut ini pada diri sendiri setiap kali menggunakan lensa kontak:

1.      Apakah saya merasa nyaman dengan lensa kontak ini? (tidak ada rasa tidak nyaman)

2.      Apakah mata saya tampak baik? (tidak ada kemerahan)

3.      Apakah saya dapat melihat dengan jelas? (tidak ada pandangan kabur)

Jika jawabannya adalah ‘tidak’, segera lepaskan lensa kontak Anda dan konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan. (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat)

Jika Anda berencana menggunakan lensa kontak, terlebih dahulu pertimbangkan mengenai biaya, kenyamanan, kualitas, waktu pembersihan, dan keamanan. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk memiliki jenis lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca juga:

7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

0 Komentar

Belum ada komentar