Sukses

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan Saat Hamil

Sakit tenggorokan merupakan keluhan umum yang biasa terjadi pada ibu hamil. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya selain pergi ke dokter. Apa saja?

BATUK, WOODS

KlikDokter.com – Sakit tenggorokan yang terjadi ketika hamil memang kadang menyusahkan. Namun, cara terbaik untuk meredakannya bukanlah dengan bantuan obat, kecuali sakit yang diderita cukup parah dan obat yang hendak digunakan aman untuk ibu hamil. Berikut adalah cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan:

Menghirup Uap

Nyalakan humidifier atau vaporizer pada kamar tidur atau ruang tamu. Udara lembap dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap, sehingga mampu mengurangi atau mencegah gejala. Jika Anda tidak memiliki humidifier, Anda bisa merebus air dalam panci besar hingga menghasilkan uap. Hirup uap tersebut dan biarkan panci terus mendidih di atas kompor. 

Minum Teh

Buatlah secangkir teh kamomil lalu tambahkan madu dan lemon ke dalamnya. Lemon akan membantu memecah lendir yang berkontribusi terhadap sakit tenggorokan, sedangkan madu akan mengurangi batuk dan meringankan rasa sakit. 

Berkumur dengan Air Garam

Campurkan satu sendok makan garam ke dalam setengah liter air hangat, dan berkumurlah beberapa kali sehari untuk melembapkan membran di tenggorokan serta meredakan iritasi. 

Berikut beberapa cara alami lainnya yang bisa membantu melegakan tenggorokan Anda:

1 dari 2 halaman

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan Saat Hamil

BATUK, WOODS

Minum Air yang Cukup

Tingkatkan asupan cairan (air putih, sup hangat, dan lain-lain) jika Anda mulai mengalami gejala sakit tenggorokan. Cairan apa pun dapat membantu menipiskan lendir, membuang racun, dan menghidrasi membran. 

Permen

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan dapat meningkatkan produksi air liur di mulut, sehingga membantu menjaga tenggorokan tetap lembap. Terlebih lagi jika permen favorit Anda adalah yang memiliki perasa menthol atau peppermint.

0 Komentar

Belum ada komentar