Sukses

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain memang tidak mematikan, namun jika tidak diatasi, akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Migrain adalah masalah neurologis...

Klikdokter.com - Sakit kepala sebelah atau migrain memang tidak mematikan, namun jika tidak diatasi, akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Migrain adalah masalah neurologis yang menyebabkan rasa sakit, mual dan kepekaan terhadap cahaya. Sakit kepala ini dapat melemahkan, kadang-kadang juga didahului gangguan penglihatan, yang dikenal sebagai aura.

Tidak ada salahnya menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu migrain. Apa saja? Berikut makanan dan minuman tertentu dapat memicu kekambuhan migrain, seperti dilansir Livestrong

Makanana atau minuman yang merupakan produk susu umumnya dihubungkan dengan migrain. Menurut SteadyHealth, produk-produk susu mengandung histamin, yang mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan perubahan kimia yang mengarah ke migrain. Mengonsumsi krim asam, yogurt atau buttermilk pada khususnya dapat memicu migrain.

  1. Produk susu

Pemicu migrain lainnya adalah makanan yang mengandung tyramine. Tyramine biasanya banyak terkandung dalam keju, mozzarella atau cheddar.

  1. Tyramine

Makanan dari produk daging juga bisa menyebabkan migrain. Daging banyak mengandung nitrat yang terkait dengan migrain. Jika Anda menderita migrain, hindari hot dog, pepperoni, sosis, sarden, ham, acar ikan herring, hati ayam, bologna, salami, kaviar, menurut ahli dari University of California, Berkeley. Juga hindari daging yang telah diolah dengan bahan pelunak daging atau saus kedelai.

1 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

  1. Produk daging

Buah dan sayuran juga dapat mengandung bahan kimia yang memicu migrain. Buah yang terkait dengan peningkatan frekuensi migrain antara lain pepaya, plum merah, kismis, buah ara dan alpukat matang dan pisang. Sedangkan sayuran yang sering memicu migrain antara lain kacang polong, bawang merah, bawang putih, kacang panjang, buah zaitun, acar dan asinan kubis.

  1. Buah dan sayuran

Makanan yang mengandung ragi segar juga mungkin bertanggung jawab untuk sakit kepala migrain. Jika Anda memiliki masalah dengan migrain, hindari memakan roti yang baru dipanggang dan makanan yang dipanggang lainnya, seperti donat.

  1. Ragi

Beberapa minuman juga dikaitkan dengan sakit kepala migrain. Alkohol, anggur merah, dapat meningkatkan kemungkinan migrain, karena mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai tanin. Kafein juga merupakan pemicu yang potensial, sehingga orang yang menderita migrain harus menghindari kafein, seperti kopi, teh dan minuman ringan. Coklat juga dapat mengakibatkan sakit kepala migrain.

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

  1. Minuman

Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah aditif kimia yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan paling sering ditemukan dalam makanan China dan beberapa snack asin. Senyawa ini juga dapat memicu migrain.[BA]

  1. Monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat (MSG) atau vetsin adalah aditif kimia yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan paling sering ditemukan dalam makanan China dan beberapa snack asin. Senyawa ini juga dapat memicu migrain.[BA]

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar