Kesehatan Umum

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

dr. Nadia Octavia, 13 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tummy tuck atau dalam dunia medis disebut juga dengan abdominoplasty, merupakan suatu tindakan bedah untuk meratakan perut dengan mengeluarkan lemak dan kulit yang berlebih serta mengencangkan otot-otot dinding perut.

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

 

KLIKDOKTER.com - Tummy tuck atau dalam dunia medis disebut juga dengan abdominoplasty, merupakan suatu tindakan bedah untuk meratakan perut dengan mengeluarkan lemak dan kulit yang berlebih serta mengencangkan otot-otot dinding perut. Berbeda dengan operasi sedot lemak (liposuction), meskipun Anda dapat melakukan kedua operasi bersamaan tersebut dalam satu tindakan operasi sekaligus.

Tummy tuck sendiri dibagi menjadi 2 jenis:

  • Complete abdominoplasty Dokter akan memotong abdomen Anda dan memberikan kontur pada kulit, jaringan dan otot Anda. Tindakan bedah ini juga termasuk memindahkan pusar Anda dan Anda akan menggunakan drainase selama beberapa hari pasca operasi.

  • Partial or mini abdominoplasty Mini abdominoplasty sering dilakukan pada orang yang memiliki deposit lemak yang terlokasir di perut bagian bawah, di bawah pusar.

  • Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

    Siapa yang boleh melakukan prosedur ini?

    Tummy tuck boleh dilakukan pada pria dan wanita dalam kondisi fisik yang baik. Tummy tuck seringkali menjadi suatu opsi lain bagi pria dan wanita yang pernah mengalami obesitas dan masih memiliki deposit lemak atau kulit yang menggelambir pada area perut. Selain itu, pada wanita yang telah melahirkan beberapa kali, prosedur ini dianggap bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot perut dan mengurangi kulit berlebih.

    Siapa yang tidak dianjurkan melakukan prosedur ini?

    • Wanita yang berencana hamil Sewaktu operasi, otot-otot vertikal perut dikencangkan dan kehamilan dapat memisahkan otot-otot tersebut.

    • Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan yang banyak tummy tuck sebaiknya menjadi pilihan terakhir setelah Anda mencoba semua cara. Prosedur ini bukanlah menjadi alternatif pilihan utama untuk menurunkan berat badan.

    Selain itu pertimbangkan juga mengenai risiko mendapatkan jaringan parut (luka operasi yang lama sembuh) setelah prosedur ini. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan tindakan bedah.

    Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

    Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan prosedur ini?

    Langkah pertama tentu saja bertemu dan berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik. Dokter juga akan meminta Anda untuk berhenti merokok paling tidak 2 minggu sebelum tindakan bedah hingga 2 minggu pasca operasi. Selain itu obat-obatan (termasuk obat herbal) juga diberhentikan 2 minggu pre-operasi.

    Apa saja komplikasi yang mungkin terjadi?

    • Nyeri dan bengkak pada area operasi
    • Memar dan baal
    • Infeksi
    • Perdarahan pada bawah flap
    • Gumpalan darah
    • Jaringan parut

    Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO)

     

    Tummy TuckLiposuction

    Konsultasi Dokter Terkait