Sukses

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat).

KLIKDOKTER.com – Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah penyakit ini ternyata ada lho diet yang bisa kita lakuin.

Berikut adalah  strategi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung:

1 dari 2 halaman

Pola Makan untuk Jantung Lebih Sehat

  1. Konsumsi ikan ikan lebih banyak 

Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan strokeThe American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu.

  1. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang
    Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantung

  2. Pilih lemak yang tepat 
    Lemak tidak selamanya jahat, lho. Lemak masih dibutuhkan tubuh untuk melarutkan vitamin A,D,E, dan K. Sekaligus sebagai penghasil energi tertinggi. Tapi kalau kebanyakan justru jadi masalah, oleh karena itu ikut kiat berikut ini:

  • Membatasi total lemak

  • Kurangi konsumsi trans fat (lemak tak jenuh) dan tidak lebih dari 7% - 10% lemak jenuh. (misalnya mentega, makanan gorengan, makanan manis, dan saus salad).

  • Bila ingin menambah lemak gunakan lemak yang tinggi dengan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda (misalnya kanola, olive, atau minyak kacang).

  1. Perbanyak variasi makanan 
    Makanan seperti daging berlemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, seimbangkan nutrisi antara protein hewani dan nabati. Jadikan asupan buah dan sayuran turut mendampingi, sehingga pola makan Anda menjadi lebih bergizi seimbang. 

  1. Kurangi konsumsi kolestrol 
    Peroleh energi dengan memperbanyak karbohidrat kompleks (pasta, kentang dan roti gandum) dan kurangi gula, minuman bersoda serta makanan atau minuman manis.

Beberapa strategi lain:

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar