HomeInfo SehatPencernaanLiver Melintir Karena Minum Bir
Pencernaan

Liver Melintir Karena Minum Bir

dr. Adithia Kwee, 06 Apr 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pada prinsipnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Namun untuk urusan bir ataupun minuman beralkohol lainnya, tahukah Anda bahwa sedikit atau banyak, hasilnya sama saja merusak liver Anda?

Liver Melintir Karena Minum Bir

Pada prinsipnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Namun untuk urusan bir ataupun minuman beralkohol lainnya, tahukah Anda bahwa sedikit atau banyak, hasilnya sama saja merusak liver Anda?

Sekalipun hanya dalam sepekan Anda minum 1 botol bir ukuran sedang (300 ml), Anda sudah berisiko memiliki kondisi perlemakan di organ hati Anda (fatty liver). Perlemakan hati adalah kondisi dimana liver Anda mengalami penumpukan lemak melebihi 5% dari berat total organ hati Anda.

Dampaknya Apa?

Tentunya jika dibiarkan fatal nan maut akibatnya. Perlahan namun pasti, tubuh Anda mengalami kegagalan penyerapan beberapa nutrisi dari makanan yang dimakan.

Jika demikian, produk sisa metabolisme dapat menumpuk dan merusak ke otak Anda. Bahaya bukan?

Gejala Perlemakan Hati

Perlemakan hati yang terjadi umumnya tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun paling umum adalah biasanya penderita akan merasa badannya lemas-lemas, cepat lelah dan sering muncul rasa tidak nyaman pada perut kanan atas.


Pemeriksaan tambahan:

  • Cek Laboratorium

Jika Anda mencurigai gejala-gejala tersebut dan kemudian Anda melanjutkan pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya, biasanya pada hasil pemeriksaan laboratorium dapat ditemukan peningkatan ringan sampai sedang dari enzim-enzim di liver Anda.

  • Pemeriksaan Fisik Organ Liver

Bentuk fisik dari liver pun dapat ditemukan pembesaran volume organ hati.

  • Pemeriksaan USG

Bila dilakukan pencitraan pada organ hati seperti USG, dapat terlihat jelas telah terjadi perlemakan hati.

Selain Minum Bir atau Alkohol, Ada Lagi Penyebab Lainnya?

Iya, tragisnya ada penyebab lain dari kondisi fatty liver, yaitu:

Gimana Cara Mengobatinya?

Untuk mengobati perlemakan hati ini dapat diawali dengan memperbaiki gaya hidup Anda. Kontrol kadar lemak dalam darah dengan membatasi konsumsi lemak pada makanan.

Mengkonsumsi hepatoprotektor dapat pula membantu memperbaiki sel-sel hati yang rusak dan menurunkan kadar enzim hati.

Pencegahan yang dapat dilakukan di antaranya adalah mengatasi kegemukan dengan perbaikan pola konsumsi pangan yang berimbang.

Perbaikan pola diet, memperbaiki gaya hidup, serta memperbanyak aktivitas olahraga, dampaknya tentu akan dapat memperbaiki kadar lemak dalam darah.

Membiasakan diri untuk hidup sehat sangat terbukti dapat mencegah kita dari penyakit-penyakit berbahaya terutama penyakit metabolik contohnya seperti perlemakan hati seperti yang telah disebutkan di atas.

Yuk #JagaSehatmu

Fatty Liver: Liver Melintir Karena Minum Bir

Konsultasi Dokter Terkait