Sukses

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Sebuah penelitian mengungkapkan ternyata vitamin E dapat memelihara performa otak. Dalam hal ini, kepikunan atau dalam medis dikenal dengan Alzheimer. Berikut penjelasan dr. Dewi Ema Anindia disini.

KlikDokter.com - Tentu kita paham bahwa vitamin E sama dengan vitamin lainnya memiliki efek yang baik untuk tubuh kita. Namun baru ditemukan bahwa ternyata vitamin E memiliki efek menghambat perkembangan dari penyakit pikun.

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin E memiliki keuntungan dalam memperlambat gejala pikun khusunya untuk pasien dengan bentuk penyakit yang ringan hingga sedang. Vitamin E dengan dosis 2,000 IU secara aman telah terbukti dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer (pikun) sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan di JAMA.

Para peneliti dari Minneapolis VA Health Care System meneliti 613 penderita Alzheimer dengan membagi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat vitamin E, kelmpok kedua mendapat obat memantine (obat yang berfungsi dalam menjaga fungsi saraf pada pasien Alzheimer) dan kelompok ketiga mendapatkan placebo (obat bohongan).

Setelah 2,3 tahun kelompok yang mendapatkan vitamin E menunjukkan terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi dalam melakukan kegiatan sehari seperti membuat rencana, membuat makanan dan belanja dibandingkan dengan pasien yang mendapat placebo. Pada kelompok yang mendapat vitamin E terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi kegiatan sehari-hari sebanyak 19% atau dapat disamakan dengan 6,2 bulan. Pada kelompok memantine tidak menunjukkan keuntungan klnis.  

1 dari 2 halaman

Vitamin E untuk Otak

Walaupun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada bukti suplemen vitamin untuk kesehatan, namun para peneliti ini berpendapat bahwa vitamin E disini tidak berfungsi sebagai suplemen namun sebagai semacam pengobatan oleh karena untuk suplemen biasanya dosis vitamin E adalah 400 IU, sedangkan pada penelitian ini digunakan 2,000 IU.

Studi ini hanya menunjukkan bahwa bahwa vitamin E hanya dapat memperbaiki gejala dari penyakit Alzheimer bukan menyembuhkan dan vitamin E tidak menunjukkan keuntungan apapun dalan mengurangi menurunnya fungsi kognitif dan hilangnya memori pada pasien Alzheimer. Vitamin E dalam penelitian ini terbukti dapat memperbaiki kualitas fungsi hidup sehari-hari sehingga dapat mengurangi bebaan dari perawatan pasien Alzheimer.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar