Sukses

Risiko dari Tindik di Lidah

Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka

KlikDokter.com - Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melubangi lidah Anda dan menghiasinya dengan perhiasan apapun, ada baiknya Anda ketahui dulu risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi di kemudian hari. Meski risiko ini belum tentu pasti dialami oleh semua orang, ada baiknya Anda waspada.

Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah perdarahan berlebihan, selain itu juga dapat menyebabkan infeksi, gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat menyebabkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadi infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah.

Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah),dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas. Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut. Jika peralatan/perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi meningkat berkali-kali  lipat. Belum lagi risiko terjangkit HIV jika sebelumnya peralatan tindik digunakan oleh penderita HIV dan tidak disterilisasi.

Selain itu, gesekan dan benturan yang bepotensi terjadi dari benda asing di lidah sangat berisiko untuk kesehatan. Berikut penjelasan selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Bahayanya Tindik Lidah

 

Berbagai penelitian yang melibatkan pengguna tindik lidah menemukan bahwa benturan dan gesekan yang terus menerus dalam jangka panjang antara perhiasan dengan gigi dapat menyebabkan gigi retak bahkan patah, serta kerusakan pada gusi di bagian dalam gigi (yang menghadap lidah) dan tulang penyangga gigi.

Jika kebersihan mulut tidak terjaga, plak (kotoran) dapat terkumpul di sekitar perhiasan yang ditindik ke lidah dan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Hal ini dapat mengarah kepada infeksi dan pada kasus yang ekstrim dapat berujung kepada kondisi yang fatal, karena bakteri masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi organ vital seperti jantung. Anda juga perlu memperhatikan apakah Anda ada riwayat alergi terhadap jenis logam tertentu, dan terbuat dari material apa perhiasan yang akan Anda pakai.

Jika setelah mengetahui risikonya Anda masih tetap ingin menindik lidah, maka sebaiknya Anda perlu mengetahui cara perawatan dan pencegahan agar mengurangi risiko yang sudah dipaparkan diatas. Yang terpenting adalah peralatan yang digunakan harus steril, jaga kebersihan mulut dan bekas luka untuk mencegah infeksi dengan menyikat gigi dan membersihkan lidah,dapat juga dibantu dengan pemakaian obat kumur. Segera konsultasi ke dokter jika terjadi sesuatu atau luka bekas tindikan tidak kunjung pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar