Sukses

9 Penyebab Jantung Berdebar

Anda pernah mengalami jantung yang berdegup sangat kencang? Atau berdebar-debar? Jantung berdebar dapat disebabkan karena denyut jantung yang tinggi, atau lebih dari 100 kali/menit atau adanya irama jantung yang tidak teratur. Simak disini penyebabnya bersama dr. Jessica Florencia.

Klikdokter.com - Anda pernah mengalami jantung yang berdegup sangat kencang? Atau berdebar-debar? Jantung berdebar dapat disebabkan karena denyut jantung yang tinggi, atau lebih dari 100 kali/menit atau adanya irama jantung yang tidak teratur. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung)

Terkadang keluhan kesehatan ini memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

Berikut beberapa pencetus jantung berdebar lainnya:

1 dari 2 halaman

Penyebab Jantung Berdebar Lainnya:

 

Beberapa penyebab jantung berdebar:

5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

6. Obat-obat pelangsing, asma.

7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Jangan sepelekan keluhan jantung berdebar.  Jika keluhan terjadi cukup sering, mengganggu aktivitas, tidak hilang dalam waktu tertentu, terus menerus muncul dan tidak terkait dengan salah satu penyebab di atas maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kesehatan jantung Anda. Mungkin diperlukan beberapa pemeriksaan langsung bunyi jantung dan denyut nadi serta pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan EKG (rekam jantung) atau Ekokardiografi (gambar jantung). (Baca: 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar)

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar