Sukses

Awas Cedera Leher Karena Keseringan Nunduk Lihat Handphone

Ini beneran gawat. Jika Anda pernah sakit leher karena kelamaan nunduk, ,maka sangat disarankan jangan diremehkan. Nih, simak apa kata dr. Muhammad Anwa Irzan disini.

KlikDokter.com – Di Amerika Serikat saat ini tengah populer istilah ‘text neck syndrome’, yakni kondisi cedera leher akibat sering menunduk lihat handphone atau piranti komunikasi canggih lainnya untuk chatting.

Istilah ‘text neck syndrome’ dipopulerkan dr. Dean L. Fishman, atau istilah medis yang sudah lama dikenal dengan anterior head syndrome. Istilah mengacu pada sindrom berlebihan atau cedera stres yang berulang, di mana Anda memiliki kecenderungan mengarahkan kepala Anda ke depan bawah guna melihat piranti komunikasi Anda sepanjang waktu.

Seiring teknologi telekomunikasi yang semakin canggih, orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat seperti smartphone dan tablet komputer. Kini 'text neck syndrome, berpotensi mempengaruhi kesehatan jutaan pengguna alat telekomunikasi di seluruh dunia dan kini masih terus berkembang. 

1 dari 5 halaman

Gejala 'Text Neck Syndrome'

Ketika para pengguna gadget berada dalam postur melihat ke bawah untuk jangka waktu lama, hal ini dapat menyebabkan nyeri di bahu, nyeri di leher dan bahkan sakit kepala yang kronis (berlangsung lama).

Itu karena semakin Anda menjulurkan leher Anda ke arah depan, semakin berat beban yg harus diterima leher Anda.

Dokter. Tan Kian Hian, Konsultan Senior di Departemen Anestesiologi dan Direktur Central Disease, Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), anggota kelompok SingHealth, menjelaskan: "Ketika Anda bersandar (posisi melihat gadget), kepala Anda ke depan jauh dari posisi netral -saat telinga dan bahu sejajar- satu inci, berat kepala Anda secara dramatis meningkat". Yang tak ayal dapat menimbulkan tekanan pada beberapa otot leher dan pundak, sehingga tak pelak mencetuskan sakit kepala.

2 dari 5 halaman

Bagaimana Jika Dibiarkan? Apakah Membahayakan?

leher, sakitGawatnya lagi, jika disepelekan kondisi ‘text neck syndrome’ dapat mengakibatkan kerusakan permanen lebih parah.

Jika tidak diobati, 'text neck' dapat menyebabkan peradangan pada otot-otot leher, ligamen dan saraf, kerusakan permanen, serta peningkatan kelengkungan pada tulang belakang. Dr Tan menambahkan: "Ini sangat lazim di generasi baru orang dewasa muda yang terus-menerus 'terhubung' ke perangkat mobile mereka, bahkan sambil berjalan."

Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk mengurangi rasa sakit otot dan ketidaknyamanan sebelum kondisi Anda semakin parah. Dr Tan mengatakan: "Hal ini bertujuan untuk membuat Anda merasa lebih baik hanya dengan membuat beberapa perubahan pada postur harian Anda dan gaya hidup Anda."

3 dari 5 halaman

Inilah yang dapat Anda Lakukan:

  • Istirahatkan

Ambil waktu istirahat: "text neck syndrome" adalah cedera stres yang berulang - dapat dengan mudah dicegah dengan istirahat dari perangkat mobile Anda setiap 15 menit, melihat ke atas dan menggerakan leher kembali ke posisi netral. Atau, pegang ponsel Anda lebih tinggi sehingga sesuai dengan mata dan otot-otot leher Anda tidak terlalu tegang.

  • Latihan Kelenturan,Yoga & Pilates Bisa Menjadi Pilihan

Lakukan latihan seperti yoga dan Pilates, yang memusatkan perhatian pada pengaturan postur yang tepat. Anda akan menjadi lebih sadar untu menggunakan perangkat mobile anda dengan lebih bijaksana.

4 dari 5 halaman

Lalu Bagaimana Jika Sudah Terlalu Parah? Inilah yang Harus Anda Lakukan:

Anda harus mencari bantuan medis jika langkah-langkah di atas tidak mengurangi keluhan anda. Mungkin diperlukan pemeriksaan medis lengkap dan jika perlu, beberapa pemeriksaan tambahan untuk mencari tahu apa yang salah dengan leher Anda.

cedera, leher

Jika tidak ada kontraindikasi, beberapa obat, seperti relaksan otot atau obat anti nyeri, dapat digunakan untuk meredakan gejala. Pada beberapa pasien, degenerasi akibat “text neck syndrome” ini bisa memberat dan menyebabkan kompresi saraf di leher. Hal ini dapat menyebabkan "sakit saraf" yang akan memerlukan penyelidikan lebih lanjut dan pengobatan khusus.

Berikan kesempatan untuk tubuh Anda beristirahat dari segala kegiatan yang Anda lakukan, terkait teknologi ataupun semua piranti yang diciptakan untuk membantu tugas Anda, bukan menimbulkan penyakit yang mengganggu kesehatan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar