Sukses

Minum Kopi Membuat Mulut Semakin Kering

Mulut yang kering mungkin pernah dialami oleh sebagian orang, penyebabnya dapat bermacam-macam dari yang disebabkan oleh efek samping dari terapi obat-obatan, kebiasaan merokok dan suatu penyakit tertentu.

KlikDokter,com - Mulut yang kering mungkin pernah dialami oleh sebagian orang, penyebabnya dapat bermacam-macam dari yang disebabkan oleh efek samping dari terapi obat-obatan, kebiasaan merokok dan suatu penyakit tertentu.

Beberapa dampak yang dirasakan ketika mulut kering meliputi mulut berbau tidak sedap, rasa kering dan lengket yang di rasakan dalam mulut  sampai ketenggorokan, bibir pecah-pecah serta timbul rasa sakit, gangguan dalam mengunyah dan berbicara. (Baca: Wanita Lebih Rentan Dehidrasi).

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, nyeri, alergi, diare dan penyakit Parkinson adalah penyebab mulut menjadi kering. Selain itu penyebab lainnya adalah rusaknya kelenjar ludah yang menghasilkan air ludah  akibat terapi radiasi atau kemoterapi.

Dan masih ada beberapa penyebab dari mulut kering, halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Penyebab Mulut Kering Lainnya

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya sebagai penyebab dari keadaan mulut yang kering, makan makanan atau minuman tertentu dapat juga menyebabkan atau memperparah mulut kering. Kurangnya asupan buah-buahan dan biji-bijian  cukup berkontribusi pada tingkat keparahan. (Baca: Minum Kopi Menguntungkan atau Merugikan?)

Minuman serta makanan yang dapat memperparah atau menyebabkan mulut menjadi kering adalah makanan yang asin dan pedas, minuman dan makanan dengan kadar gula yang tinggi, minuman yang asam seperti jus buah jeruk, apel anggur dan lain-lain, minuman beralkohol dan berkafein. Kafein dalam kopi bersifat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan kering pada mulut. Selain kopi minuman berkafein lainnya yang berkontribusi pada keadaan ini adalah teh dan minuman bersoda rasa cola. (Baca: Serba-serbi Kafein)

Apabila minuman seperti kopi dan makan dengan kadar gula yang tinggi menyebabkan mulut menjadi semakin kering, terdapat pula beberapa jenis makanan yang justru dapat meringankan keadaan mulut kering yaitu buah-buahan seperti semangka, pisang dan sayuran yang dikukus dan permen karet xylitol yang bebas gula. (Baca: Kebanyakan Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Baca juga:

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos

Kafein Bisa Memperkuat Daya Ingat

0 Komentar

Belum ada komentar