Sukses

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Jika Anda ingin cepat sembuh dari batuk, ada 4 jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika batuk.

KlikDokter.com – Sakit tenggorokan terjadi ketika tenggorokan meradang dan timbul iritasi. Rasa nyeri dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan karena virus dan bakteri, atau bisa juga ditimbulkan oleh demam, polusi, dan asap rokok. Kondisi dapat memburuk jika Anda mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut rinciannya:

1. Makanan berlemak

Tahanlah diri Anda untuk tidak menyantap makanan tinggi lemak seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, kue panggang, dan makanan goreng. Menurut ahli gizi Ilyse Schapir, makanan berlemak lebih sulit untuk dicerna dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti kalkun, ikan, dan ayam. 

Jenis makanan lainnya yang harus dihindari:

1 dari 2 halaman

Jenis makanan lainnya yang harus dihindari:

2. Makanan asam

Hindari dulu makanan asam seperti jeruk, limau, dan lemon karena dapat menimbulkan iritasi dan memperburuk sakit tenggorokan. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan yang menenangkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Jangan khawatir kekurangan vitamin C, karena Anda masih dapat mengonsumsi kale dan paprika merah sebagai alternatifnya.

3. Makanan pedas

Makanan pedas yang mengandung bubuk cabai, kari, pala, merica, dan cengkeh dapat memperburuk sakit tenggorokan. Untuk menambah rasa pada makanan Anda, pilihlah jahe segar yang memiliki sifat anti-inflamasi. Anda juga dapat menambahkan bawang putih ke dalam makanan Anda. Menurut sebuah studi  yang diterbitkan dalam “Advance in Therapy" pada tahun 2001, bawang putih dapat membantu mengurangi gejala flu—seperti sakit tenggorokan—dan membantu Anda untuk pulih lebih cepat. 

4. Makanan bertekstur kasar

Makanan yang bertekstur kasar seperti sayuran mentah, granola, dan roti kering dapat membuat tenggorokan lebih nyeri. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mudah ditelan dan lembut seperti keju, yoghurt, telur, dan kentang tumbuk. 

0 Komentar

Belum ada komentar