Sukses

Cara Mengenali Jenis Batuk dan Penyebabnya

Batuk ada beberapa jenisnya. Beda jenis batuknya, beda pula pengobatannya. Berikut ini beberapa cara mengenali jenis batuk yang ada dan cara menghindari penyebabnya.

KlikDokter.com – Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menjaga pernapasan dari benda atau zat asing. Penyebabnya antara lain virus, bakteri, dan benda asing yang terhirup.

Ada beberapa penyakit gawat yang memang  memiliki gejala batuk, diantaranya seperti:

  • Kanker paru,
  • TBC,
  • radang paru-paru,
  • bronchitis,
  • pneumonia, dan lainnya

Untuk membedakannya, diperlukan pengetahuan terkait jenis batuk yang ada. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis batuk. Berikut rinciannya: 

1 dari 3 halaman

A. Jenis batuk berdasarkan produktivitasnya:

1. Batuk produktif

Batuk produktif adalah batuk yang menghasilkan dahak atau lender, sehingga lebih dikenal dengan sebutan batuk berdahak. Batuk produktif memiliki ciri khas yaitu dada terasa penuh dan berbunyi. Mereka yang mengalami batuk produktif umumnya mengalami kesulitan bernapas dan disertai pengeluaran dahak. Batuk produktif sebaiknya tidak diobati dengan obat penekan batuk karena lendir akan semakin banyak terkumpul di paru-paru.

2. Batuk tidak produktif

Batuk tidak produktif adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak, yang juga disebut batuk kering. Batuk tidak produktif sering membuat tenggorokan terasa gatal sehingga menyebabkan suara menjadi serak atau hilang. Batuk ini sering dipicu oleh kemasukan partikel makanan, bahan iritan, asap rokok (baik oleh perokok aktif maupun pasif), dan perubahan temperatur. Batuk ini dapat merupakan gejala sisa dari infeksi virus atau flu.

2 dari 3 halaman

B. Jenis batuk berdasarkan waktu berlangsungnya:

1. Batuk akut

Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 2 minggu, serta terjadi dalam 1 episode. Batuk jenis ini umumnya disebabkan oleh flu dan alergi. Bentuk batuk yang sering ditemui, merupakan jenis batuk akut ringan yang disertai demam ringan dan pilek.

2. Batuk kronis

Batuk kronis adalah batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut. Batuk jenis ini biasanya disebabkan oleh bronchitis, asma, dan TBC.  

0 Komentar

Belum ada komentar