Sukses

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella complex adalah sebuah keadaan psikis dimana wanita memiliki perasaan takut terselubung untuk menjadi mandiri. Berikut penjelasan dr. Alvin Nursalim disini.

KlikDokter.com - Cinderella complex pertama kali digambarkan oleh Colette Dowling, yang menulis buku tentang ketergantungan wanita pada sosok orang lain. Kelainan ini semakin terlihat seiring pertambahan usia seorang wanita. Sesuai dengan namanya, Cinderella complex mengambil namanya dari sebuah cerita dongeng tentang seorang wanita cantik dan pekerja keras yang terperangkap dalam sebuah situasi sosial yang tidak dapat diubahnya. Namun situasi berubah dengan bantuan kekuatan luar, dalam hal ini adalah sesosok pria, dan dalam kisah cinderella diwakili oleh seorang pangeran.

Apa itu Cinderella Complex? 

Cinderella complex adalah sebuah keadaan psikis dimana wanita memiliki perasaan takut terselubung untuk menjadi mandiri. Dalam pikiran wanita terdapat keinginan untuk selalu diselamatkan, dilindungi dan disayangi oleh pasangan. Layaknya dongeng Cinderella, wanita dengan cinderella complex merasa takut untuk menjadi  mandiri dan berharap ada sosok lelaki yang dapat melindunginya dan menjadi sosok ‘pangeran’ dalam hidupnya.

Cinderella complex menjadi hambatan bagi individu tersebut untuk berkembang karena keinginannya untuk bersandar pada sosok suami atau pasangan. Seorang wanita merasa nyaman dengan keadaan dilindungi oleh pria. Cinderella complex merupakan istilah populer masa modern dan belum terdaftar dalam diagnosis medis gangguan psikiatri. 

Tapi dilain sisi, normalkah fenomena ini? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Tanggapan Terhadap Cinderella Complex

Tanggapan masyarakat terbagi dua terhadap cinderella complex. Ada pihak yang setuju dengan keinginan wanita untuk bergantung pada pria. Tidak ada yang salah dengan fenomena ini. Secara kultural dan historis, pria bertanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan rumah tangga dan wanita yang mempersiapkannya untuk keluarga. Di sisi lain, ada pihak yang merasa wanita seharusnya sejajar dengan pria, dalam segala aspek kehidupan. Pihak yang kontra dengan cinderella complex merasa wanita harus lebih mandiri dan dapat menyokong dirinya sendiri.

Topik  Cinderella complex merupakan topik yang menarik dan luas untuk didiskusikan. Berbagai faktor, khususnya sosial dan budaya, membentuk bagaimana seorang wanita akan bersikap dalam menjalani hidupnya. Ada yang pro, dan ada yang menentang ide ini. Bagaimana posisi Anda terhadap fenomena ini? 

0 Komentar

Belum ada komentar