Sukses

Cara Mengencangkan Lengan

Ingin mengecilkan bentuk lengan? Atau Anda ingin membuat lengan lebih atletis? Berikut saran dr. Atika disini.

KlikDokter.com - Memiliki lengan yang bergelambir adalah hal yang sangat dihindari oleh semua wanita. Melihat area lengan lembek, berukuran besar, dan ‘dagingnya’ ikut berayun dengan gerakan, menjadi salah satu ketakutan terbesar wanita. Tahukah Anda hal tersebut disebabkan oleh tumpukan lemak didaerah tersebut, ditambah otot yang kecil? Mari kita bahas bagaimana caranya membentuk lengan yang indah.

Pertama, lengan yang ‘lembek’ disebabkan oleh tumpukan lemak di area lengan atas (humerus). Sayangnya, kita tidak bisa secara spesifik hanya mengurangi lemak di area tangan saja. Berbagai cara untuk mengurangi lemak ditempat tertentu masih belum 100% teruji efektivitasnya. Sulit bagi kita untuk memilih area mana yang ingin dibakar lemaknya.

Mengapa begitu? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 4 halaman

Memahami Lemak Tubuh Manusia

Lemak adalah cara tubuh untuk menyimpan kelebihan energi yang dikonsumsi oleh tubuh. Lemak tersimpan dalam sel lemak (sel adiposit). Penyebaran simpanan lemak ini berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Area penyimpanan lemak terbagi menjadi dua:

  1. Mengelilingi organ dalam
  2. Terletak di bawah kulit (subkutan). Lemak inilah yang terlihat dari luar dan menjadi 80% simpanan lemak.

lemak, tubuh, pria, wanita,

Distribusi lemak antar individu ditentukan oleh hal-hal berikut:

  1. Genetik. Terdapat kecenderungan pengaruh faktor keturunan dalam penyebaran lemak.
  2. Usia
  3. Ras. Disebutkan bahwa orang dewasa Asia lebih cenderung mengalami obesitas sentral (penumpukan lemak di organ dalam) dibandingkan orang eropa.
  4. Jenis kelamin. Laki-laki terutama menyimpan lemak di sekitar perut (tipe badan berbentuk ‘apel’), sedangkan wanita terutama di area pantat, panggul dan paha (tipe badan berbentuk ‘pir). Selain area tersebut, masih mungkin terjadi penumpukan lemak di area lain bila cadangan lemak begitu berlebihan. Misalnya area lutut, lengan atas, perut, dan payudara.

Dengan penjabaran diatas, jelaslah bahwa tubuh memiliki mekanisme ‘otomatis’ untuk menyebarkan lemak-lemak yang harus disimpan di berbagai area tubuh. Maka, jika kita ingin mengurangi  lemak pada hanya satu area spesifik saja (misalnya lengan atas), caranya adalah dengan terlebih dahulu mengurangi komposisi lemak diseluruh tubuh!

Untuk dapat mengurangi lemak tubuh, maka ada beberapa perubahan gaya hidup harus dilakukan. Halaman berikut penjelasannya:

2 dari 4 halaman

Untuk dapat mengurangi lemak tubuh, maka ada beberapa perubahan gaya hidup harus dilakukan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. lengan, mengecilkanMengurangi kalori yang dikonsumsi. Lemak adalah bentuk ‘tabungan’ energi yang dibuat oleh tubuh. Untuk mencegah semakin menumpuknya lemak, maka konsumsilah makanan dalam jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saja! Hitunglah jumlah kalori yang Anda butuhkan di Kalkulator Kalori. Menurunkan lemak bukan berarti mengharuskan Anda mengurangi makanan sama sekali, karena bisa-bisa Anda justru lemas dan kekurangan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari

  2. Makanlah makanan yang sehat dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi. Misalnya menghindari makan makanan ini dalam jumlah yang berlebihan: jeroan, goreng-gorengan, makanan bersantan. Konsumsilah banyak sayur dan buah-buahan.

  3. Hindari kebiasaan ngemil makanan yang berkalori tinggi seperti es krim, coklat, kue, cake, minuman bersoda, sirup, serta banyak makanan manis lainnya. Kurangilah konsumsi makanan tersebut, gantilah dengan cemilan sehat seperti buah-buahan.

  4. Olahraga. Ini adalah cara terpenting untuk membakar lemak yang sudah menumpuk didalam tubuh. Ketahuilah bahwa lemak adalah bukanlah cadangan energi yang  digunakan pertama kali saat tubuh kekurangan energi. Pertama-tama, tubuh akan menggunakan glukosa dan glikogen (cadangan glukosa dalam otot) sebagai  pemasok energi. Saat keduanya telah habis, barulah lemak akan dipecah menjadi sumber energi. Dengan begitu, olahraga yang paling tepat untuk seseorang yang ingin menurunkan lemak (begitu pula bagi seseorang yang mengalami obesitas) adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalnya durasi olahraga harus mencapai  45 menit hingga 1 jam (hingga cadangan lemak harus dibakar untuk memperoleh energi). Lakukanlah olahraga yang tidak terlalu berat, namun lakukan dalam durasi yang lama. Misalnya olahraga aerobik seperti senam, jogging, bersepeda dalam intensitas yang ringan. Lakukan minimal 3 kali per minggu.

Sudah melakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi lemak dan menurunkan berat badan? Lalu masih adakah cara untuk memperindah lengan? Tentu saja ada! Halaman berikut penjelasannya:

3 dari 4 halaman

Cara Mengencangkan Lengan:

lengan, Bila Anda telah berhasil mengurangi lemak tubuh secara umum, berikutnya Anda siap membentuk lengan yang kencang dan padat. Caranya adalah dengan melakukan olahraga yang berfokus untuk melatih massa otot bisep dan trisep.

Otot bisep adalah otot yang digunakan untuk menekukkan lengan, terletak di lengan bagian atas. Sedangkan otot trisep adalah otot yang terletak di lengan bagian bawah, berguna untuk meluruskan lengan. Lakukanlah latihan yang difokuskan untuk membentuk massa kedua otot lengan ini, prinsipnya adalah dengan menggunakan beban/ dumbbel, dan lakukan gerakan yang secara bergantian melibatkan penekukan dan pelurusan lengan.

Bila Anda melakukan gerakan sederhana dan dengan beban yang ringan, maka Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan melihat panduan di buku/ internet. Namun bila Anda tertarik melakukan berbagai bentuk latihan lengan, serta untuk menghindari cedera bila menggunakan beban yang cukup berat, maka kami sarankan agar Anda melakukan latihan tersebut dengan pendampingan seorang personal trainer. Anda tidak perlu melakukan latihan ini dengan begitu berat karena fokus Anda hanya untuk memperkencang lengan, bukan untuk menjadi seorang binaragawan.

Dengan mengurangi komposisi lemak tubuh secara umum, maka lemak di bagian lengan juga akan berkurang. Ditambah dengan latihan yang membentuk massa otot bagian lengan, maka lengan akan menjadi padat dan kencang. Selamat tinggal lengan besar, lembek dan bergelambir!

0 Komentar

Belum ada komentar