Sukses

Jangan Sepelekan Batuk Membandel

Bisa jadi TBC, bisa jadi pneumonia, bisa jadi kemungkinan penyakit lainnya. Jangan sampai Anda masuk ke dalam 4 jenis penyakit ini yang gejalanya diawali dengan batuk tidak sembuh-sembuh.

KlikDokter.com - Pernahkah Anda mengalami batuk membandel? Batuk yang tidak kunjung sembuh dengan berbagai pengobatan yang Anda lakukan. Selain itu, banyak yang sembarangan mengkonsumsi antibiotik tanpa alasan yang jelas ketika menderita batuk.

Padahal antibiotik hanya diberikan jika dicurigai terjadi infeksi bakteri. Sedangkan, masih banyak penyebab batuk yang lain dengan pengobatan yang berbeda. Apa saja penyebab dari batuk yang membandel?

Mari kita simak satu per satu di halaman berikut ini:

1 dari 4 halaman

Beberapa Penyakit yang Harus Diwaspadai Jika Ada Batuk Tak Kunjung Sembuh:

.1. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) merupakan infeksi pada paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberkulosis. Gejala yang dialami pasien adalah batuk, keringat malam dan penurunan berat badan. Indonesia memiliki cukup banyak kasus TB, karena itu jika terjadi keluhan batuk lama, TB patut menjadi salah satu pertimbangan. Untuk menegakkan diagnosis TB, diperlukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan dahak dan pemeriksaan rontgen dada.

tuberkulosis, TBCHalaman berikut terdapat 3 jenis penyakit lainnya yang harus Anda waspadai jika Anda mengalami batuk tak kunjung sembuh.

2 dari 4 halaman

Berikut ini penyakit lainnya yang harus Anda waspadai:

2. Pneumonia

Pneumonia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan infeksi pada paru-paru manusia. Penyebabnya bisa bakteri dan virus. Umumnya seorang yang menderita pneumonia akan mengeluh adanya batuk berdahak, demam tinggi dan sesak nafas. Kadang orang menyalahartikan gejala batuk yang dialaminya sebagai infeksi tenggorokan biasa, padahal jika seorang menderita pneumonia, maka memerlukan pengobatan yang lebih serius.

pneumonia, paru, pernapasan3. Alergi

Batuk merupakan gejala yang umum ditemui pada penderita alergi. Seorang akan mengalami keluhan batuk apabila terpapar oleh alergen. Biasanya batuk akibat alergi terjadi pada waktu tertentu setiap harinya. Batuk karena alergi dapat disembuhkan dengan menghindari alergen penyebab batuk. 

Halaman berikut terdapat 3 jenis penyakit lainnya yang harus Anda waspadai jika Anda mengalami batuk tak kunjung sembuh.

3 dari 4 halaman

Berikut ini penyakit lainnya yang harus Anda waspadai:

4. Keganasan Paru

Batuk yang membandel juga dapat menjadi gejala dari keganasan atau kanker paru. Kanker paru adalah pertumbuhan yang tidak normal dari jaringan paru, hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti batuk dan sesak nafas. Sayangnya gejala kanker paru tidaklah spesifik, sehingga banyak penderita kanker paru yang datang mencari pertolongan, namun sudah sampai pada tahap lanjut.

paru, kanker, bahayaJadi bagaimana menangani batuk yang membandel? Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter segera jika Anda menderita batuk yang tidak kunjung sembuh. Terlebih jika ada tanda-tanda seperti penurunan berat badan, demam tinggi dan sesak nafas. Pemeriksaan dini akan memberikan informasi terkait penyakit yang Anda alami dan pengobatan yang tepat.

0 Komentar

Belum ada komentar