Sukses

Inilah 3 Penyebab Gagalnya Diet Paling Sering

Bosan dengan diet yang tidak kunjung berhasil? Hal ini dapat disebabkan oleh 3 hal yang paling sering terjadi berikut ini.

KlikDokter.com - Bosan dengan diet yang tidak kunjung berhasil? Atau berat badan Anda bagai ping pong yang naik turun dan tidak stabil.

Hal ini dapat disebabkan oleh 3 hal yang paling sering terjadi, yakni:

  1. Karena Anda tidak memiliki target yang jelas dalam menurunkan berat badan Anda.
  2. Selain itu, banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah.
  3. Anda belum mengetahui indeks masa tubuh Anda.

Lalu bagaimana mengetahui berat badan ideal? Halaman berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Anda

Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter.

Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas.

Klasifikasi

IMT(kg/m2)

 
 

Berat badan kurang

<18,5

 

Kisaran normal

18,5-22,9

 

Berat badan lebih

≥23,0

 

Berisiko

23,0-24,9

 

Obes 1

25,0-29,9

 

Obes 2

≥30

 

Seorang dengan IMT di atas 23 memiliki risiko untuk mengalami penyakit seperti penyakit pembuluh darah jantung dan stroke. Terlebih jika orang tersebut memiliki berbagai faktor risiko lain seperti diabetes, gangguan metabolisme lemak dan tekanan darah tinggi.

Nah, kini Anda sudah mengetahui berat  badan ideal yang harus saya tuju, lalu bagaimana cara mencapai berat badan dambaan yang sukses? Halaman berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Bagaimana Prinsip Diet yang Baik?

berat, badanPada umumnya prinsip yang harus anda ketahui adalah bahwa makanan yang anda makan harus seimbang.  Seimbang dari segi jumlah dan komposisi makanan. Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga.

Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan.

Olahraga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti:

  • lari,
  • renang,
  • bersepeda
  • ataupun yang bersifat pembentukan seperti 
    • plank,
    • push up, dan
    • latihan beban.

Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan memberikan hasil yang lebih optimal. Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

0 Komentar

Belum ada komentar