Sukses

Penyebab Ngantuk Sehabis Makan

Penasaran kenapa setiap makan pasti kita ngantuk? Penjelasan dr. Dina Kusumawardhani disini

KlikDokter.com – Setelah makan seharusnya kita lebih berenergi karena mendapatkan asupan kalori. Lalu kenapa setelah makan besar justru membuat ngantuk?

Jawabannya adalah apa yang kita makan. Pasalnya, makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi gula menyebabkan otak untuk fokus penuh di organ pencernaan kita.

Jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu respons saraf parasimpatis segera setelah makanan tersebut melewati usus halus. Karboohidrat tinggi, makanan berlemak dan tinggi gula memberikan rangsangan ke otak untuk memperlambat dan menempatkan fokus untuk mencerna makanan daripada mencari makanan lain.

Secara lebih spesifik,  para peneliti menemukan kelompok sel otak yang disebut saraf orexin yang ditemukan di hipotalamus yang sifatnya sangat sensitif terhadap kadar glukosa, yang biasanya tinggi setelah makan besar. Saraf tersebut memproduksi protein orexin yang mempengaruhi kesadaran di otak. Tak ayal, pengaruh kesadaran otak tersebutlah yang membuat kita jadi mengantuk setelah setiap makan.

Namun demikian, ternyata tidak faktor orexin saja, ada reaksi berantai lainnya yang menyebabkan kita jadi mudah mengantuk setelah makan, halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Makanan Bergula Tinggi

Orexin bukanlah satu-satunya neurohormonal yang berkaitan dengan tidur yang dipengaruhi oleh makanan. Semakin banyak jumlah makanan berjenis gula tinggi, maka semakin banyak jumlah insulin yang dikeluarkan tubuh. Insulin, meningkatkan kadar serotonin dan melatonin di otak, hormon yang berkaitan dengan rasa ngantuk dan bahagia.

Penting untuk diingat bahwa meskipun makan besar dapat membuat ngantuk dan tak kuasa untuk menjawab kebutuhan tidur,makan besar di malam hari yang lengkap dengan dessert justru malah membuat tidur Anda menjadi lebih tidak berkualitas.

Makanan tinggi lemak, karbohidrat, dan gula, akan meningkatkan kadar hormon insulin dan kemudian turun kembali. Hal ini yang akan mengganggu siklus tidur, membuat Anda terbangun di tengah malam mencegah siklus tidur dalam yang dibutuhkan tubuh untuk berisitrahat.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan jenis makanan, jumlah makanan, dan waktu yang tepat untuk makan, jika Anda hendak mencegah mengantuk setelah makan. Belum lagi masalah bahayanya jika Anda langsung tidur setelah persis makan.  

0 Komentar

Belum ada komentar