Sukses

Cara Mudah dan Efektif Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pori-pori merupakan tempat keluarnya sisa metabolisme tubuh. Ada beberapa hal yang memengaruhi ukuran pori-pori. Berikut cara mengecilkan pori-pori kulit.

Meski merupakan bagian normal dari wajah seseorang, pori-pori kerap dikeluhkan oleh sebagian besar orang terutama bila pori-pori tersebut tampak besar. Biasanya keluhan pori-pori membesar akibat bekas jerawat yang membandel. Pori-pori besar tersebut jelas mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Secara umum, terdapat dua tipe pori-pori. Pertama adalah yang melepaskan minyak dari kelenjar minyak (disebut sebum), sementara yang lainnya adalah yang mengeluarkan keringat. Yang paling sering mengalami pembesaran adalah pori yang melepaskan sebum. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan pori-pori kulit membesar, beberapa di antaranya adalah:

  • Produksi sebum berlebihan. Hal ini terjadi pada mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. 
  • Penurunan elastisitas kulit di sekitar pori. Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang kulitnya terlihat kendur sehingga pori-pori tampak lebih besar. 

Jika Anda mulai resah dengan pori-pori kulit wajah yang tampak membesar, berikut adalah beberapa cara mengecilkan pori-pori yang dapat Anda lakukan di rumah:

1 dari 4 halaman

1. Pilih Produk Perawatan dan Make Up Non-Komedogenik

Istilah non-komedogenik berarti produk tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda. Pori-pori yang tersumbat akan cenderung melebar dan membuat pori-pori tampak lebih besar. 

Untuk menghindarinya, pilihlah produk yang non-komedogenik dan bebas minyak (oil-free). Biasanya, hal ini akan tertera di kemasan. 

Artikel Lainnya: Mengenal Fakta dan Fungsi Pori-Pori Kulit

2. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari 

Anda perlu membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran. Gunakan air hangat dan bersihkan wajah dengan lembut menggunakan pembersih wajah yang lembut dan non-komedogenik. 

3. Selalu Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit, membuat kulit lebih cepat kehilangan elastisitasnya, dan membuat pori-pori lebih terlihat. Karena itu, gunakan tabir surya spektrum luas, dengan kandungan SPF minimal 30, sepanjang pagi hingga siang hari.

2 dari 4 halaman

4. Aplikasikan Pelembap Setiap Hari

Pelembap penting untuk menjaga kelembapan kulit dan melembutkan kulit. Hal ini bisa menjadi cara menutup pori-pori agar tidak tampak besar. Pilihlah pelembap yang sesuai tipe kulit Anda dan non-komedogenik. 

5. Rutin Lakukan Eksfoliasi 

Eksfoliasi merupakan proses yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini membuat pori lebih tersamarkan, selama dilakukan dengan lembut dan aman. Anda tak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari, lakukan cukup satu hingga dua kali seminggu.

Ada beberapa teknik eksfoliasi mulai dari mekanik hingga kimia. Bila Anda belum familiar dengan hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. 

Artikel Lainnya: Benarkah Air Dingin dan Es Batu Bisa Kecilkan Pori-Pori?

6. Bersihkan Sisa Make Up dari Wajah 

Jika Anda rutin menggunakan make up, jangan lupa untuk menghapus atau membersihkan sisa riasan dari wajah sebelum tidur. Tidur dengan make up di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan terlihat semakin besar. 

3 dari 4 halaman

7. Perlakukan Kulit dengan Lembut

Hindari menggosok terlalu kuat saat sedang mencuci wajah. Alih-alih membuat wajah makin bersih, tindakan ini justru membuat kulit mengalami iritasi dan pori akan semakin terlihat.

8. Masker Tanah Liat

Masker yang dapat membantu mengecilkan pori adalah masker tanah liat. Selain itu, masker ini juga dapat mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan mengurangi minyak berlebih. 

Gunakan masker tanah liat setiap satu atau dua kali seminggu. Namun, jangan gunakan bersamaan dengan eksfoliasi karena kemungkinan kombinasi ini dapat menyebabkan iritasi.

Artikel Lainnya: Mengenal Microneedling, Perawatan Wajah dengan Tusuk Jarum

9. Pilih Produk Berbasis Air

Tidak hanya diperuntukkan bagi pemilik kulit berminyak, bagi Anda yang memiliki pori-pori cukup besar sebaiknya hindari penggunaan produk berbasis minyak. Karena hal ini dapat membuat penumpukan minyak berlebih di wajah.

10. Tidak Memencet Jerawat dan Komedo

Kuman bisa saja hinggap di kulit wajah karena Anda sering menyentuh bahkan memencet komedo maupun jerawat. Jika Anda tidak ingin pori-pori semakin membesar, sebaiknya hindari memencet jerawat dan komedo.

Beberapa hal di atas adalah sejumlah trik dan cara mengecilkan pori-pori wajah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat setiap hari, seperti makan makanan bergizi seimbang, konsumsi buah dan sayur dalam porsi cukup setiap hari, penuhi asupan air putih, dan istirahat cukup. Dengan demikian, bukan hanya pori-pori wajah tersamar saja, tetapi tubuh Anda pun akan tetap bugar dan sehat. 

Ingin tahu tips kesehatan kulit lainnya? Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan informasi!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar