Sukses

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

Pori-pori kulit adalah tempat keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Banyak hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori-pori Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengecilkan pori-pori Anda:

Klikdokter.com - Banyak yang mengeluhkan kulit wajah yang terlampau banyak pori-pori yang membesar. Biasanya keluhan pori-pori kulit membesar adalah karena bekas jerawat yang membandel. Seringkali pori-pori yang membesar mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Lalu bagaimanakah solusinya?

Sebelum kita bagi-bagi tips mengecilkan pori-pori kulit, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh dulu apa fungsi dari pori-pori kulit. Pori-pori kulit adalah tempat keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Banyak hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori-pori Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengecilkan pori-pori Anda:

1.          Pilih produk secara bijaksana.

Zinc dan magnesium dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada pori dan membersihkan pori sehingga membuatnya terlelihat lebih kecil. Produk dengan kandungan lavender atau rosemary dapat mengurangi iritasi dan mencegah pori melebar. Pilih produk yang  tertulis ‘non-komedogenik’ pada label. Bila asam salisilat tertulis sebagai salah satu kandungan, kulit dapat dieksfoliasi (pengelupasan lapisan kulit paling luar). Retinol dapat membantu membuka pori-pori dan membuatnya terlihat lebih kecil.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

1 dari 2 halaman

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

2. Jaga kebersihan wajah.

Membersihkan wajah merupakan solusi jangka pendek.Pori-pori tidak akan melebar untuk menahan minyak dalam jumlah berlebih. Melakukan eksfoliasi (peeling) 2 – 3 kali seminggu juga membantu. Namun tindakan ini hanya memiliki efek sementara.

 3.  Gunakan tabir surya.

Terlalu banyak pajanan matahri dapat membuat pori terlihat lebih besar. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu gunakan topi yang lebar dan hindari berada di bawah matahari dai jam 10 hingga 4 sore.

 4. Atasi bagian wajah yang lebih berminyak.

Kulit berminyak cenderung memiliki pori yang lebih besar dan lebih terlihat. Semakin banyak produksi minyak, pori semakin besar dan sebaliknya. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker. Anda juga dapat menggunakan ‘kertas minyak’ pada area kulit berminyak. 

5.  Makan seimbang.

Makanan yang tinggi lemak dapat mencetuskan inflamasi pada wajah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran.

6. Jangan tidur tanpa membersihkan make-up.

Hal ini akan membuat makeup menyumbat pori-pori dan melebarkannya.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar