Sukses

Minyak Tanah Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Banyak beredar kabar bagaimana minyak tanah memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Ketahuilah mulai sekarang, hal itu tidak benar. Minyak tanah justru berbahaya untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelassan dr. Atika

KlikDokter.com - Terdapat kebiasaan masyarakat dalam mengobati luka, yang telah dilakukan secara turun temurun meskipun manfaat dan keamanannya belum terbukti. Salah satu bentuk kebiasaan tersebut adalah mengoleskan minyak tanah untuk menangani luka dikulit. Bagaimanakah pandangan medis terhadap metode tradisional ini?

Kabar yang beredar bahwa minyak tanah memiliki efek penyembuhan luka, hingga belakangan ini muncul propaganda bahwa minyak tanah adalah obat segala macam kanker, sesungguhnya belum terbukti dari sisi medis. Dari berbagai penelitian yang terpercaya, justru penggunaan minyak tanah pada tubuh manusia terbukti mengancam kesehatan.

Apa saja efek yang ditimbulkan oleh penggunaan minyak tanah secara berlebihan?

  • Akut (segera): efek lokal yang dapat muncul berupa iritasi kulit, kelumpuhan mendadak, infeksi, gangguan jantung
  • Kronik (jangka lama): menurunkan fungsi imun, penyakit autoimun, asma, alergi, infertilitas, keguguran, retardasi mental, kerusakan kulit dan saraf

Halaman berikut menjelaskan bagaimana minyak tanah sebenarnya berbahaya untuk kesehatan Anda

1 dari 2 halaman

Minyak Tanah Justru Berbahaya

Gangguan saraf adalah kelainan terberat yang diketahui dimunculkan oleh penggunaan minyak tanah dalam jumlah yang cukup besar pada tubuh manusia. Dalam salah satu laporan kasus dimana seorang penderita ambeien menyuntikkan minyak tanah beberapa kali sebagai pengobatan, ditemukan kondisi iritasi dan peradangan sekitar kulit kemaluan hingga anus, serta kelumpuhan kaki.

Minyak tanah memberikan efek racun baik secara langsung maupun tidak langsung. Baik melalui menghirup, menelan, mengoleskan ke kulit, bahkan melalui suntikan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, minyak tanah dapat menyebabkan hilangnya fungsi organ tubuh dan menyebabkan kecacatan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, sejauh keamanannya belum terbukti, ada baiknya kita menghindari praktik penggunaan minyak tanah sebagai pengobatan penyakit.

0 Komentar

Belum ada komentar