Sukses

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Bisa jadi karena polusi udara, bisa jadi karena kerjaan Anda hanya duduk sepanjang hari, atau bisa jadi Anda kebanyakan makan daging. Nah, lho? Daging hewan? Bukannya bergizi? Nih penjelasan dr. Dewi Ema Anindia disini.

KlikDokter.com - Daya tahan tubuh (sistem imunitas) kita merupakan hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas kita dapat membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit berat untuk tubuh kita.

Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat merusak daya tahan tubuh kita?

1. Polusi Udara

Polusi telah dibuktikan buruk untuk paru-paru serta sistem imunitas kita. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun yang dinamakan T-cell, dimana apabila hal ini terjadi dapat memicu peradangan di seluruh tubuh.

2. Duduk Sepanjang Hari

Apabila perkerjaan Anda meliputi harus duduk sepanjang hari di kursi maka hal ini ternyata buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang menyebabkan penyerapan nutrisi berkurang.

Selain dua faktor di atas, ada beberapa faktor lainnya, halaman berikut penjelasannya:

1 dari 2 halaman

Faktor Lainnya Anda Mudah Sakit:

3. Anda Kurang Tidur

Apabila tubuh Anda kekurangan tidur dan tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun kita tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup sehinnga tidak dapat membantu melawan infeksi.

4. Terlalu banyak Daging Hewan

Mengkonsumsi terlalu banyak daging hewan dapat membuat tubuh Anda memproduksi hormone IGF 1 yang berlebihan yang dapat memicu proses penuaan dan menghambat kerja sistem imun Anda.

5. Stres Yang Lama

Stres yang lama dapat meningkatkan kadar kortisol yang dapat mengruangi kadar hormone testosterone dan estrogen dimana ketidakseimbangan hormon ini dapat mengurangi kerja dari sistem imun kita.

0 Komentar

Belum ada komentar