Sukses

5 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

Hampir setiap orang menikmati cokelat, dalam segala bentuk. Dan, hingga saat ini, para ilmuwan masih tertarik untuk meneliti efek cokelat terhadap kesehatan. Beberapa penelitian yang ada hingga saat ini telah menunjukkan bahwa cokelat dapat berguna bagi kesehatan. Bagaimanakah efek kesehatan coklat bagi tubuh? Yuk simak penuturan dr. Jessica Florencia disini...

KlikDokter.com - Hampir setiap orang menikmati cokelat, dalam segala bentuk. Dan, hingga saat ini, para ilmuwan masih tertarik untuk meneliti manfaat cokelat terhadap kesehatan. Beberapa penelitian yang ada hingga saat ini telah menunjukkan bahwa cokelat dapat berguna bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi tidak terlalu banyak dan dalam bentuk cokelat pahit yang sedikit mengandung susu, gula, krim maupun tambahan lainnya maka cokelat dapat memberikan manfaat kesehatan.

Hal ini berkaitan dengan kandungan flavonoid dalam cokelat yang ternyata baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat cokelat bagi tubuh yang telah diteliti adalah:

1 dari 2 halaman

Beberapa manfaat cokelat bagi tubuh yang telah diteliti adalah:

  1. Manfaat Cokelat #1 Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner karena sumbatan pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena sel darah trombosit menggumpal, peradangan pada sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan menyumbat pembuluh darah. Flavonoid dalam cokelat telah diteliti dapat meningkatkan fungsi sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan sel trombosit dan memiliki efek anti peradangan sehingga tidak mudah terjadi penggumpalan sel trombosit dan penyumbatan pembuluh darah.

  2. Manfaat Cokelat #2 Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL/Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL/High Density Lipoprotein) dalam darah.

  3. Manfaat Cokelat #3 Menurunkan risiko terjadinya diabetes. Salah satu risiko terjadinya diabetes adalah menurunnya sensitivitas insulin. Konsumsi cokelat ternyata dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

  4. Manfaat Cokelat #4 Menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri.

  5. Manfaat Cokelat #5 Meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, meningkatkan kelembaban kulit serta melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet sehingga dapat menjadikan kondisi kulit lebih sehat dan lebih halus.

Namun, tentu kita perlu berhati-hati terhadap jenis cokelat yang kita konsumsi. Cokelat yang mengandung bahan campuran gula, susu, krim dan lainnya dapat mengandung kalori yang cukup tinggi dan kadar lemak dan kolesterol tinggi. Pilihlah produk cokelat yang mengandung kandungan cokelat dalam persentase yang cukup tinggi, sekitar 70-80%, untuk efek kesehatan yang baik.

0 Komentar

Belum ada komentar