HomeInfo SehatTHT4 Cara Gampang Enyahkan Tenggorokan Gatal
THT

4 Cara Gampang Enyahkan Tenggorokan Gatal

Tim Redaksi KlikDokter, 06 Feb 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada rasa kurang nyaman ketika menelan? Ada rasa tenggorokan gatal? Anda bisa atasi keluhan-keluhan tersebut dengan 4 cara mudah berikut ini.

4 Cara Gampang Enyahkan Tenggorokan Gatal

Klikdokter.com – Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, infeksi virus, terlalu lama berbicara, dan sebagainya. Karena bukan termasuk penyakit serius, Anda masih bisa mengatasinya dengan penanganan sederhana yang dilakukan di rumah. Dengan catatan, jika tenggorokan gatal disertai demam atau tidak hilang dengan cara berikut, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini adalah cara-cara penanganan untuk tenggorokan gatal:

1. Coba Pakai Madu

Campurkan madu ke dalam jus lemon. Madu mengandung zat-zat antibakteri yang mampu membantu mengatasi tenggorokan gatal. Sementara itu, jus lemon memiliki vitamin C yang tentunya kaya akan antioksidan.

2. Coba Minum Air yang Cukup

Jangan sampai kekurangan cairan karena bila Anda dehidrasi, kondisi tenggorokan akan semakin buruk. Selain air putih, Anda bisa mendapatkan asupan dari teh atau sup hangat, di mana uapnya dapat membuka saluran hidung yang berkontribusi terhadap kekeringan tenggorokan.

2 Cara Lainnya Atasi Tenggorokan Gatal

3. Coba Berkumur

Berkumur akan mengurangi sakit atau gatal pada tenggorokan, karena dapat melembapkan jaringan dan meningkatkan suplai darah ke area tersebut. Coba campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat dan berkumur dua kali sehari. Jangan ditelan.

4. Coba Kurangi Bicara Sejenak

Tenggorokan kering dan gatal bisa disebabkan karena terlalu lama berbicara. Kurangi aktivitas berbicara selama beberapa jam pada malam hari. Anda bisa melakukannya sembari minum teh hangat atau mengonsumsi permen pelega tenggorokan.[](ADV)

Batuktenggorokansakit