Sukses

Kenapa Batuk Bisa Ngga Sembuh-sembuh?

Sudah pergi ke dokter berkali-kali, hasilnya tetap nihil. Ada beberapa hal yang menyebabkan batuk tidak kunjung pergi. Apa saja? Berikut disini selengkapnya.

BATUK, WOODS, OBAT

Klikdokter.com – Batuk yang tidak sembuh-sembuh memang mengganggu. Sudah minum obat, dahak malah semakin banyak. Sudah pergi ke dokter berkali-kali, hasilnya tetap nihil. Ada beberapa hal yang menyebabkan batuk tidak kunjung pergi. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Saluran pernapasan mengalami iritasi

Batuk yang kronis bisa disebabkan oleh infeksi virus dan dapat berlangsung selama beberapa minggu. Oleh karena itu, biasanya saluran pernapasan menjadi sangat sensitif sehingga menimbulkan iritasi.

2. Masalah kesehatan lainnya

Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan batuk di antaranya; alergi, asma, asam lambung dan sindrom sleep apnea (berhentinya napas saat tidur), dan lain-lain.

3. Stres

Untuk mengatasi batuk berkepanjangan, Anda harus lebih memperhatikan jam tidur dan belajar cara mengelola stres. Berikan waktu kepada diri Anda untuk santai sejenak.

Berikut beberapa pencetus masalah batuk tak kunjung sembuh lainnya:

BATUK, WOODS, OBAT

1 dari 3 halaman

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh-sembuh

BATUK, WOODS

4. Kurang minum air

Mengonsumsi cairan apa pun seperti air putih, jus dan sup dapat membantu mengurangi dahak di saluran pernapasan. Hindari alkohol dan kopi karena akan menimbulkan dehidrasi.

5. Udara yang terlalu kering atau lembap

Udara kering bisa mengiritasi batuk. Sementara itu, udara lembap akan memicu asma dan mendorong pertumbuhan tungau debu serta jamur.

6. Infeksi bakteri

Jika Anda batuk disertai demam dan nyeri, bisa jadi infeksi bakteri lah pemicunya. Segera hubungi dokter untuk penanganan yang tepat. 

BATUK, WOODS, OBAT

2 dari 3 halaman

Jauhilah Makanan Berikut Ini Jika Sedang Batuk

BATUK, WOODS

Sebuah tinjauan yang diterbitkan di British Journal of Nutrition pada tahun 2002 mengemukakan bahwa gizi memainkan peran penting dalam seberapa baik sistem kekebalan tubuh dapat melawan infeksi yang menyebabkan batuk dan gejala lainnya. Gizi buruk menghambat sistem kekebalan tubuh dan menekan beberapa fungsi pelindung. Karena itu, untuk mempercepat penyembuhan pada batuk, sebaiknya Anda menjauhi makanan-makanan ini:

-Roti putih

-Pasta

-Keripik

-Makanan kemasan

-Makanan manis yang rendah vitamin, mineral, dan serat.[](ADV)

BATUK, WOODS, OBAT

1 Komentar