Sukses

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan. Tapi hati-hati, karena ada bahayanya. Simak selengkapnya dari dr. Jessica Florencia disini.

Klikdokter.com - Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan. 

Tidak salah untuk menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, namun, praktik cara-cara instan kebanyakan hanya membawa efek buruk bagi tubuh, sebagai contoh adalah konsumsi obat pelangsing.

Obat pelangsing yang beredar di pasaran seringkali menyatakan bahwa obat-obat tersebut mengandung bahan alami yang dapat menurunkan berat badan konsumennya dalam waktu singkat. Namun sayangnya produsen produk-produk ini seringkali tidak menyebutkan dengan jelas bahan, isi dan kandungan produknya sehingga efek yang ditimbulkan terhadap tubuh dan berat badan serta efek sampingnya sulit untuk diprediksi.

Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah:

1 dari 3 halaman

Risiko Kesehatan Minum Obat Langsing Sembarangan

Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah:

1. Menyebabkan sering kencing atau sering buang air besar

Cara ini memang dapat membuat skala timbangan berat badan Anda berkurang tapi dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh dan masalah pada ginjal. 

2. Menurunkan sampai menghilangkan nafsu makan

Kelihatannya memang dapat membantu, namun tanpa kontrol yang baik, hal ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan, dapat mengganggu keseimbangan hormon dan dapat mengganggu perbaikan sel tubuh. Aktivitas sehari-hari dapat terganggu, apalagi otak yang mengandalkan karbohidrat saja sebagai satu-satunya sumber nutrisi. Selain itu, efek ini malah cenderung menyebabkan efek balik berupa munculnya nafsu makan yang berlebihan setelah obat dihentikan.

3. Mual, muntah, sakit perut

Pada obat herbal maupun suplemen pelangsing yang tidak diketahui isinya seringkali memang tidak mengandung bahan-bahan aktif apapun yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Kandungan bahan kimia yang tidak diketahui dapat memberikan efek samping yang juga tidak diketahui bagi tubuh. Seringkali mual, muntah dan sakit perut adalah efek yang kerap ditemui.

Lalu bagaimana baiknya jika ingin menurunkan berat badan yang cepat dan gampang? Nah berikut ini penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Menurunkan Berat Badan yang Tepat

Pada kasus-kasus kegemukan yang berat, bantuan obat-obatan memang diperlukan, namun tentu saja harus dalam pengawasan dokter agar dokter dapat memantau efek samping dari obat yang diberikan. Untuk itu, jika Anda berniat menurunkan berat badan, lebih aman Anda melakukannya dengan mengatur pola makan dan olahraga ketimbang mengkonsumsi obat-obatan yang tidak jelas isinya dan efeknya.

Tubuh dengan berat badan yang normal tentunya lebih sehat, untuk itu tidak salah jika Anda ingin mencapai berat badan normal. Namun, pilihlah cara-cara yang aman dan jangan mudah tergoda dengan cara-cara instan yang menyesatkan. Bila membutuhkan bantuan ahli maka Anda dapat mengunjungi dokter untuk panduan makan dan panduan olahraga sehingga Anda dapat menurunkan berat badan dengan tetap sehat dan bugar.

 Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar