Sukses

Plastik Ternyata Bisa Berbahaya Pada Kesehatan

Tahukah Anda, plastik yang sehari-hari Anda gunakan bisa berbahaya mengancam kesehatan tubuh Anda? Salah satunya sebagai biang pencetus kanker. Nah, ada kiat bebas ancaman plastik disini oleh dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Plastik? Hampir setiap hari dalam kehidupan kita, kita memakai plastik, bahkan seringkali hidup kita dimudahkan olehnya, bagaimana tidak, kita minum dalam kemasan botol pastik, belanja menggunakan kantong plastik, dimana-mana plastik. (Baca: Arti Kode Angka di Plastik Anda)

Artikel ini ditulis supaya plastik yang memudahkan hidup Anda ini, tidak menjadi bumerang dan malah merusak tubuh Anda perlahan tapi pasti, bagaimana mungkin hal itu bisa?

Karena ketahuilah, ternyata plastik memiliki potensi risiko bahaya kesehatan. Terdengar berlebihan? Jika masih ragu, maka lanjutkanlah membaca artikel ini seterusnya.

Berikut ini adalah penjelasan bahaya plastik pada kesehatan:

1 dari 3 halaman

Bahaya Plastik Pada Kesehatan

Plastik yang terpapar dengan panas, akan menghasilkan suatu senyawa yang dikenal dengan nama dioxin (nama lainnya polychlorinated dibenzodioxins) yang sifatnya sangat beracun, dan bahkan bersifat karsinogenik. 

Bersifat karsinogenik artinya senyawa ini dapat merusak sistem biologis kita, sehingga timbul kerusakan gen yang dapat berakhir menjadi tumor ataupun kanker ganas, mengerikan bukan? (Baca: 8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker)

Tidak hanya sampai disitu, plastik hanyalah salah satu media yang dapat menghasilkan dioxin. Selain plastik, senyawa berbahaya ini juga dapat dihasilkan dari pembakaran sampah, limbah pestisida, dan pembakaran produksi baja, terlihat memang yang paling akrab dalam kehidupan kita sehari-hari adalah plastik, oleh karena itu mulailah perhatikan bagaimana cara Anda menggunakan plastik Anda.

Berikut ini adalah 5 cara menggunakan plastik Anda dengan aman: 

2 dari 3 halaman

5 Cara Menggunakan Plastik yang Aman

Berikut ini adalah 5 cara menggunakan plastik Anda dengan aman: 

  1. Saat menggunakan botol minuman plastik, hindari meninggalkan botol Anda di dalam mobil, terutama jika mobil Anda berada di lapang terbuka yang terpapar matahari

  2. Hindari pemakaian botol minuman plastik berulang-ulang, maksimal pengulangan hanya 2-3 kali pengisian

  3. Hindari membakar sampah terutama dalam bentuk plastik, karena perlu Anda ketahui dioxin tidak hanya masuk melalui saluran pencernaan kita melainkan juga dari saluran pernafasan kita, jadi dioxin yang terhirup saat bernafas juga membahayakan kita.

  4. Terapkan 3R Reuse, Recycle, Reduce

  5. Gunakan plastik berkode 2,4,5. Plastik jenis ini diyakini memiliki kualitas yang aman bagi makanan dan minuman dalam kemasan.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar