Sukses

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Nih saran makanan dr. Jessica Florencia yang tidak boleh Anda tinggalkan.

KlikDokter.com - Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro.

Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis.

Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah:

1 dari 3 halaman

Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda:

1. Apel

Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan.

2. Pisang

Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan.

3. Brokoli

Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu brokoli juga mengandung senyawa yang hingga kini terus diteliti diperkirakan dapat memiliki manfaat antikanker dan dapat mengatasi peradangan.

4. Bayam

Bayam adalah makanan kaya gizi, termasuk zat besi, kalsium, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Bayam juga mengandung asam folat yang membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah cacat janin pada masa kehamilan.

5. Ubi

Ubi adalah makanan sumber kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga juga dapat menurunkan risiko terjadinya stroke. Kulitnya mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan.

6. Kacang merah

Kacang merah banyak mengandung kalium dan meagnesium sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kacang merah juga banyak mengandung serat, antioksidan, zat besi, dan protein.

7. Terong

Terong banyak mengandung serat, vitamin B, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

8. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, dan K, serat antioksidan likopen yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain makanan di atas, ada menu lainnya yang dianjurkan untuk hidup sehat Anda. Berikut penjelasannya:

2 dari 3 halaman

Daging Lemak & Susu Rendah Lemak

makanan, sehatSelain sayur dan buah di atas yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jangan juga lupakan daging tanpa lemak dan susu rendah lemak.

Daging merah tanpa lemak banyak mengandung vitamin B, E, zat besi, seng, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Daging dada ayam dan daging merah tanpa lemak dapat menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan susu rendah lemak adalah sumber kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

Pastikanlah asupan makanan Anda bervariasi dan seimbang setiap harinya. Sertakan buah dan sayuran setiap hari, setidaknya 5 porsi sehari berdasarkan anjuran WHO, untuk menjaga kesehatan!

0 Komentar

Belum ada komentar