Sukses

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Sering gagal menurunkan berat badan? Sudah muak dengan penampilan lemak yang mengganggu penampilan? Nah, sudah coba diet mayo belum? Simak selengkapnya bersama dr. Dina Kusumawardhani disini.

KlikDokter.com – Belakangan ini muncul bermacam-macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Sebelum melakukan diet sebaiknya kita mempelajari dulu tentang diet tersebut, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh saat ini.

Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dibuat oleh ahli kesehatan dari Mayo Clinic di Minnesota. Tujuan utama diet ini adalah menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang dan membiasakan gaya hidup sehat.

Diet mayo terdiridari 2 fase, yaitu:

1. Lose it!

Pada fase ini Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,7 – 4,5 kg dalam 2 minggu dengan cara yang sehat dan fokus pada gaya hidup / kebiasaan. Anda harus berusaha menghilangkan 5 kebiasaan buruk dan menambah 5 kebiasaan sehat. Pada fase ini, Anda juga diharuskan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap harinya.

2. Live it!

Pada fase ini kita mempelajari cara memilih makanan, menentukan porsi makan, pernecanaan makanan, dan melakukan kebiasaan sehat. Program penurunan berat badan pada fase ini adalah 0,5 – 1 kg setiap minggu sampai mencapai berat badan yang diharapkan. Pada fase ini Anda juga belajar menetapkan target berat badan dan menerapkan pola makan yang sehat seterusnya. Olahraga teratur (30 menit/hari) juga merupakan bagian penting dari fase ini.

Apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan?

piramida, makananBerikut ini adalah pilihan makanan yang boleh dikonsumsi:

  1. Buah-buahan
  2. Sayur-sayuran
  3. Gandum
  4. Makanan tinggi protein seperti ikan, kacang-kacangan
  5. Lemak tidak jenuh seperti olive oil, kacang, alpukat
  6. Gula, dalam jumlah sedikit

Anda tetap bisa memakan makanan favorit Anda seperti pizza, tapi tidak dalam jumlah banyak dan tidak terlalu sering. Alkohol merupakan salah satu yang dilarang selama fase “Lose it!”. Setelah melewati fase tersebut, Anda boleh mengkonsumsi sedikit alkohol, maksimal  75 kalori/hari. Meskipun demikian, meninggalkan alkohol sama sekali lebih banyak manfaat kesehatannya dibandingkan sekedar mengkonsumsinya dengan moderat (pembatasan).

Dasar dari diet mayo adalah healthy weight pyramid, dengan memilih makanan rendah kalori dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

2 dari 3 halaman

Apakah diet ini aman dan efektif?

Diet mayo secara umum aman dilakukan untuk orang dewasa. Memang belum ada studi yang menilai keberhasilan diet mayo. Namun diet ini dibuat oleh ahli kesehatan berdasarkan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan program penurunan berat badan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba.

Kelebihan diet ini adalah sangat fleksibel dan memberikan banyak pilihan makanan.

0 Komentar

Belum ada komentar