Sukses

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Dibandingkan dengan yang belum menikah, ternyata pasangan yang sudah menikah memiliki risiko lebih rendah pada penyakit jantung. Berikut penjelasan dr. Dina Kusumawardhani disini.

KlikDokter.com - Dalam sebuah konferensi kedokteran yang dilakukan oleh American College od Cardiology, dipresentasikan sebuah penelitian mengenai hubungan antara kesehatan jantung dan status pernikahan.

Penelitian tersebut dilakukan pada 3,5 juta orang dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah menikah memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan perceraian dapat meningkatkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mereka yang mengalami perceraian cenderung memiliki kebiasaan merokok, tingkat stres lebih tinggi, dan menjalani gaya hidup sedentary sehingga meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

1 dari 2 halaman

Menikah, Maka Jantung Lebih Sehat

Pasangan yang menikah dapat saling melengkapi dan membantu pasangannya untuk hidup sehat dengan melakukan diet sehat, olahraga, mengingatkan meminum obat/bertemu dokter, dan sebagainya. Mereka yang menikah memiliki risiko penyakit jantung 12% lebih rendah dibanding yang tidak menikah atau bercerai.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk pernikahan yang bermasalah. Pasangan menikah yang memiliki banyak masalah justru meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sama halnya dengan mereka yang tidak menikah atau bercerai. Kesimpulannya, kualitas pernikahan dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Maka dari itu, jika ingin jantung Anda sehat, menikahlah dan jadikan pernikahan Anda bahagia.

0 Komentar

Belum ada komentar