Sukses

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

Banyak cara untuk membuat tubuh sehat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Namun ada beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita simak satu per satu

KLIKDOKTER.com - Tubuh langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun perlu Anda ketahui bahwa tujuan yang seharusnya Anda capai bukanlah sekedar penampilan yang baik, namun juga tubuh yang sehat.

Banyak cara untuk membuat tubuh sehat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Namun ada beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita simak satu per satu.

1. Mitos: Minum air dingin bikin gemuk

Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Tentu minuman bersoda memiliki lebih banyak kalori dibandingkan air putih.

 

1 dari 6 halaman

Mitos #1: Minum air dingin bikin gemuk

air minumFakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Hal yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. 

Meskipun ada anggapan air dingin akan menyulitkan pencernaan lemak di perut Anda, hal yang paling berperan dalam minuman yang dapat membuat Anda lebih gemuk adalah kandungan kalori yang dimilikinya.

Tentu minuman bersoda memiliki lebih banyak kalori dibandingkan air putih.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

2 dari 6 halaman

Mitos #2: Makan malam hari membuat lebih cepat gemuk

5 Fakta vs Mitos Seputar DietFakta: Salah.

Makan malam atau makan siang tidak berpengaruh dengan kecepatan seorang menjadi gemuk. Jadi efek dari mengkonsumsi makanan sejumlah 400 kalori pada pagi hari sama dengan mengkonsumsi makanan sejumlah 400 kalori pada malam hari. Sekali lagi, yang patut diperhatikan adalah jumlah kalori yang Anda makan.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

3 dari 6 halaman

Mitos #3: Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering akan membuat kurus

5 Fakta vs Mitos Seputar DietFakta: Bisa benar atau salah.

Pada umumnya prinsip yang harus Anda ketahui adalah bahwa makanan yang Anda makan harus seimbang. Secara umum pola makan yang cukup baik adalah tiga kali makan utama, dan dua kali snack diantara jam makan.

Namun satu hal yang penting diperhatikan adalah komposisi dan jumlah kalori makanan. Jangan melupakanbuah dan sayuran. Hindari makanan yang digoreng, namun makanan lebih baik direbus.

Klik 'next' untuk selanjutnya.

4 dari 6 halaman

Mitos #4: Jika minum soda diet membuat kurus

5 Fakta vs Mitos Seputar DietFakta: Salah

Minuman bersoda tetaplah mengandung kalori. Jadi jika Anda sedang berdiet, hindari pemasukan kalori yang tidak diperlukan. Jadi janganlah terlalu sering minum minuman bersoda, walaupun itu berlabel soda diet.

Klik 'next' untuk selanjutnya. 

5 dari 6 halaman

Mitos #5: Orangtua yang gemuk, anaknya juga akan gemuk

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

Fakta: Bisa benar atau salah

Genetik mempengaruhi apakah seorang cenderung menjadi obesitas atau tidak. Namun satu hal yang pasti bahwa kegemukan adalah sebuah fenomena multifaktor yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Faktor lingkungan yang berpengaruh meliputi pola makan dan olahraga. Jadi, jika orangtua Anda gemuk, jangan berkecil hati dan pasrah dengan keadaan! Cobalah untuk merubah dengan makan sehat dan berolahraga teratur.

Demikian berbagai mitos terkait diet. Semoga informasi ini memberikan informasi baru terkait diet yang baik.

ARTIKEL TERKAIT:

0 Komentar

Belum ada komentar