Sukses

7 Cara Paling Tepat Mencegah Keracunan Makanan

Keracunan makanan sangat bervariasi ada yang bersifat ringan hingga menyebabkan dehidrasi dan ancaman kematian. dr. Anita Amalia Sari disini punya saran untuk pencegahan keracunannya.

KlikDokter.com - Keracunan makanan merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak higienis dan terkontaminasi. Kuman-kuman infeksius seperti bakteri, virus dan parasit merupakan penyebab tersering keracunan makanan. Kontaminasi makanan dapat terjadi mulai dari proses persiapan hingga penyajian makanan.

Keracunan makanan dapat membuat individu yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah mual, muntah dan diare yang biasanya dapat terjadi segera hingga beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan. Keracunan makanan sangat bervariasi ada yang bersifat ringan hingga menyebabkan dehidrasi dan ancaman kematian.

Untuk mencegah keracunan makanan, diperlukan gaya hidup sehat dan bersih. Hal tersebut harus diterapkan tidak hanya di rumah namun juga saat makan di luar rumah.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan:

1 dari 2 halaman

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan:

  • Mencuci tangan, peralatan masak dan makanan sebelum dan sesudah memegang dan menyiapkan makanan. Gunakan air hangat dan sabun khusus cuci piring utnuk mencuci peralatasan masak dan makan.
  • Pisahkan penyimpanan makanan mentah dengan makanan matang untuk mencegah kontaminasi silang. Kontaminasi silang adalah terkenanya makanan matang yang sudah diproses baik dan benar oleh bakteri / kuman / virus dari peralatan makan atau benda yang tidak higienis.
  • Pastikan makanan yang dimasak benar-benar matang di seluruh bagian
  • Buang makanan bila Anda tidak yakin makanan disimpan dan dipersiapkan dengan cara baik, berbau tidak sedap dan penampakannya sudah tidak meyakinkan
  • Hindari membiarkan makanan terlalu lama di suhu ruangan, jika Anda belum ingin langsung mengkonsumsi makanan, Anda dapat menyimpanya di lemari pendingin. Makanan sebaiknya paling lama 90 menit di suhu ruangan jika lebih dari itu langsung simpan di lemari pendingin. Makanan yang disimpan di lemari pendingin dapat bertahan hingga 2 hari.
  • Pastikan temperatur lemari pendingin di bawah 5oc
  • Simpan daging di bagian terbawah freezer agar tidak mengontaminasi makanan lain

Sebagian besar masyarakat masih berpikiran bahwa keracunan makanan hanya didapatkan dari makanan yang di beli di luar rumah. Namun, ternyata makanan yang dimasak di rumah pun dapat menyebabkan keracunan makana  apabila proses pembuatan dan penyajiannya tidak benar. Keracunan makanan dapat berakibat fatal. Sehat merupakan impian semua orang. Oleh sebab itu, lebih baik kita mencegah datangnya penyakit selagi kita bisa. 

0 Komentar

Belum ada komentar