Sukses

Jangan Taruh Roti di Dalam Kulkas!

dr. Jessica Florencia ada himbauan soal kenapa Anda sebaiknya tidak menyimpan roti di dalam kulkas. Simak selengkapnya disini.

KlikDokter.com – Kulkas adalah benda penting di zaman modern ini karena fungsinya yang tidak dapat tergantikan. Penyimpanan berbagai jenis produk makanan dan minuman menjadi lebih mudah. Banyak jenis makanan yang dapat disimpan dalam waktu lebih lama sehingga dapat digunakan berkali-kali, tanpa khawatir bahan tersebut telah basi, busuk, atau terkontaminasi.

Namun, tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena dapat menyebabkan perubahan rasa atau menyebabkan bahan tersebut berjamur lebih cepat sehingga tidak aman dimakan.

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah:

1 dari 3 halaman

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah:

kulkas, makan, simpan

1. Tomat

Tomat yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami perubahan rasa. Udara dingin dalam kulkas akan menghambat pematangan tomat, sehingga rasanya menjadi kurang nikmat. Selain itu, tekstur tomat juga akan berubah menjadi lebih lembek dan kering karena rusaknya membran bagian dalam kulit tomat karena suhu yang dingin.

2. Daun Kemangi

Di dalam kulkas, daun kemangi menjadi lebih layu, tidak segar, dan kurang harum karena menyerap semua aroma makanan lain yang disimpan di dalam kulkas.

3. Kentang, Ubi

Suhu dingin di dalam kulkas akan mengubah karbohidrat di dalam Kentang menjadi gula lebih cepat, sehingga Kentang akan menjadi lebih manis dan keras.

4. Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang Bombay

Jika diletakkan di dalam kulkas, maka bawang akan menyerap kelembapan kulkas sehingga menjadi lembek dan lebih mudah berjamur. Selain itu, akan mulai muncul akar atau bakal umbi pada bawang yang disimpan di dalam kulkas.

5. Roti

Roti yang disimpan di dalam kulkas memang tidak akan lebih mudah berjamur dibandingkan jika disimpan di dalam suhu ruangan. Namun, roti yang disimpan di dalam kulkas akan lebih cepat tidak segar, lebih mudah berbau dan rasanya tidak lagi nikmat.

Selain dari 5 bahan makanan di atas yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, ada beberapa tips penyimpanan berbagai bahan makanan lainnya di dalam kulkas yang juga tetap perlu diperhatikan, berikut diantaranya:

2 dari 3 halaman

Tips Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas yang Sehat

Selain dari 5 bahan makanan di atas yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, ada beberapa tips penyimpanan berbagai bahan makanan lainnya di dalam kulkas yang juga tetap perlu diperhatikan, berikut diantaranya:

  • Lama dan cara penyimpanan harus diperhatikan agar makanan dan minuman yang dikonsumsi tetap aman.
  • Kebersihan kulkas dan tanggal kedulawarsa suatu produk juga tidak boleh terluput.
  • Buanglah segera makanan atau minuman yang rasa dan baunya sudah berubah atau berjamur.

 Dengan penanganan yang benar maka makanan kita dapat menjadi lebih sehat, lebih nikmat, dan lebih aman untuk dikonsumsi! 

0 Komentar

Belum ada komentar