Sukses

Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD

Karena fogging hanya membunuh nyamuk. Sementara jentik tetap bisa hidup. Adakah cara lainnya selain fogging untuk memberantas nyamuk si biang kerok DBD?

KlikDokter.com – Fogging adalah salah satu usaha untuk memberantas demam berdarah dengue (DBD). Diantara usaha pemberantasan DBD lainnya selain fogging adalah yang populer dengan istilah sebutan 3M (menutup, menguras, mengubur).

Sekilas mengenai DBD, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh Aedes aegypti sebagai vektor (perantara) utama. Sampai saat ini, DBD merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama akibat infeksi di Indonesia. DBD dapat mengenai segala usia mulai bayi hingga dewasa.

Cegah Demam Berdarah Dengue dengan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pengendalian vektor DBD merupakan cara yang tepat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penularan DBD. Salah satu cara pengendalian vektor DBD adalah gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) atau 3M Plus. Memberantas sarang nyamuk dilakukan sehingga telur tidak berubah menjadi jentik.

Dibandingkan dengan fogging hal ini tentunya lebih bermanfaat dan tepat sasaran karena fogging hanya membunuh nyamuk bukan jentik. Jadi demikiannya, fogging juga diikuti tindakan pemberantasan sarang nyamuk lainnya, seperti tindakan-tindakan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Apa Saja Kegiatan yang Termasuk dalam Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk?

  • menguras bak mandi dan tempat penampungan air lain secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali
  • menutup rapat tempat penampungan air
  • membersihkan halaman dari kaleng, tempurung, botol bekas atau barang lain yang berpotensi menampung air
  • mengganti air pada vas bunga dan tempat minum burung
  • menutup lubang pohon dan bambu dengan tanah dan lain sebagainya
  • memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam-kolam
  • membubuhkan bubuk larvasida di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan setiap 2-3 bulan
  • memakai kelambu saat tidur
  • menggunakan lotion pencegah gigitan nyamuk
  • mengupayakan pencahayaan dan ventilasi udara yang baik

Hingga saat ini masih dilakuikan uji klinis terhadap vaksinasi DBD sehingga pemberantasan sarang nyamuk merupakan pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien saat ini.  Pemberantasan sarang nyamuk membutuhkan kerjasama antar masyarakat yang tinggi. Kalau bukan Anda, siapa lagi? 

0 Komentar

Belum ada komentar