Sukses

7 Solusi Sulit Buang Air Besar

Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi

KLIKDOKTER.COM - Sulit buang air besar adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang. Masalah ini juga lebih banyak terjadi pada orang dewasa, dan kebanyakan wanita. Sulit buang air besar dalam dunia medis disebut dengan  konstipasi.

Konstipasi adalah kesulitan buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu dan mengeluarkan kotoran yang keras, bergumpal, dan berbentuk kecil-kecil terpisah seperti kacang.

Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi:

  1. Asupan cairan yang tinggi. Rata-rata dibutuhkan sekitar 8 gelas air putih per hari, namun sebenarnya kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung pada jenis kelamin, usia, aktivitas dan kondisi kesehatan.

Semakin tinggi aktivitas maka semakin banyak cairan yang diperlukan. Pria dan Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kebutuhan cairan yang lebih.

Tips mengatasi sulit buang air besar lainnya:

1 dari 2 halaman

Tips Atasi Kesulitan Buang Air Besar

2. Hindari minuman yang mengandung kafein 

Kafein dapat memperparah konstipasi.

3. Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi 

Makanan dengan serat tinggi dapat membantu melancarkan buang air besar Anda. Makanan berserat tinggi bisa didapat dari buah, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum-ganduman.

4. Hindari makanan-makanan yang dapat memperparah konstipasi,

Makanan yang memperparah konstipasi yakni makanan rendah serat seperti keju, es krim, dan junk food (makanan siap saji).

5. Berolahraga teratur,

Anda dapat mulai berolahraga rutin dengan berjalan kaki, berenang, bersepeda misalnya. Olahraga yang teratur sebanyak 150 menit seminggu dapat meningkatkan aktivitas saluran cerna.

6. Jangan pernah menunda bila rangsangan untuk buang air besar datang.

Menunda buang air besar akan menyebabkan kotoran menjadi lebih keras karena lebih banyak cairan yang terserap selama kotoran berada dalam usus besar.

7. Berhati-hati dalam menggunakan obat pencahar, suplemen serat atau pelunak kotoran.

Penggunaannya harus dalam pengawasan dokter karena dapat menyebabkan efek samping yang kurang menyenangkan seperti ketergentungan obat pada saluran cerna dan malah dapat memperparah konstipasi.

Source:

1. Mayo Clinic. Constipation. Available from: www.mayoclinic.com/health/constipation/DS00063.
2. Markland AD, Palsson O, et al. Association of Low Dietary Intake of Fiber and Liquids With Constipation. The American Journal of Gastroenterology. 2013; 8 (5): 796-803.

0 Komentar

Belum ada komentar