Sukses

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran. Yuk simak bersama dr. Adithia Kwee disini.

Klikdokter.com - Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus.

Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya.

Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis.

Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: 

1 dari 2 halaman

Beberapa Tipe Aborsi

 Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran:

 

Abortus Iminens

Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan ini masih dapat diselamatkan dan abortus hanya merupakan ancaman, janin masih hidup di dalam kandungan ibu.

Abortus Insipiens

Sementara abortus iminens yang tidak ditangani segera akan berubah menjadi tipe yang kedua yaitu abortus insipiens, ketika ini terjadi, perdarahan akan keluar semakin banyak dan kehamilan tidak dapat diselamatkan lagi.

Abortus Inkompletus

Jenis ketiga adalah abortus inkompletus (incomplete abortion), sesuai dengan namanya, pada jenis ini janin telah keluar dari kandungan ibu, namun sebagian masih tertinggal di dalam, sehingga harus dibersihkan oleh dokter melalui prosedur yang dikenal dengan nama kuretase (sering disebut sebagai kuret saja).

Abortus Kompletus

Berlawanan dengan jenis ini, abortus kompletus adalah abortus yang telah berhasil mengeluarkan semua bagian janin dari kandungan ibu, sehingga kuret menjadi tidak perlu dilakukan. 

Missed Abortion

Tipe yang terakhir adalah missed abortion , yang terjadi pada abortus jenis ini adalah proses aborsi terjadi di dalam rahim ibu tanpa disadari olehnya, sehingga prosedur kuret wajib dilakukan. Mungkin Anda bertanya, bagaimana jika dibiarkan saja? Hal ini akan membahayakan ibu, salah satu yang mungkin terjadi adalah infeksi.

Demikian pemaparan mengenai abortus, apapun yang terjadi, jangan sampai Anda melakukan aborsi dengan sengaja, karena pelaku aborsi sama saja dengan pembunuh.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar