Sukses

Apa Itu OCD - Obsessive Compulsive Disorder?

OCD ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang. Berikut penjelasan dr. Adithia Kwee selengkapnya.

Klikdokter.com - Kita biasanya memiliki satu orang teman yang terlihat begitu perfeksionis, melakukan segala sesuatunya dengan terlalu sempurna, bahkan sampai hal-hal terkecil seperti mengecek apakah dia sudah mengunci pintu mobilnya, minimal sebanyak 5 kali. 

Jika Anda memiliki teman yang demikian, patut dicurigai bahwa dia menderita OCD, bukan obsessive corbuzier diet, sama sekali bukan, melainkan obsessive compulsive disorder.

OCD ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang.

Penyebab OCD sampai hari ini belum diketahui, baik wanita maupun pria dapat terkena OCD. Bentuk tersering selain mengunci mobil berulang-ulang dapat kita lihat pada orang yang seringkali mencuci tangannya berulang kali meskipun ia tahu tangannya dalam keadaan bersih.

1 dari 2 halaman

Penanganan OCD

Penderita OCD pada umumnya sadar bahwa mereka memiliki obsesi tertentu, mereka sekaligus malu kalau orang lain mengetahui isi pikir mereka yang penuh obsesi ini, akibatnya penderita OCD cenderung menutup diri, dan tak sedikit yang menjadi depresi. OCD dapat diobati dengan obat-obat yang sifatnya menghilangkan kecemasan. Jika Anda kenal mereka yang terkena OCD, jangan kucilkan mereka, belajar menerima mereka apa adanya, dan mereka pun akan lebih mudah untuk dipulihkan.

0 Komentar

Belum ada komentar