HomeInfo SehatTHT14 Bahan Alami untuk Obati Sakit Akibat Radang Tenggorokan
THT

14 Bahan Alami untuk Obati Sakit Akibat Radang Tenggorokan

dr. Arina Heidyana, 05 Jul 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit akibat radang tenggorokan dapat diredakan dengan berbagai bahan alami. Apa saja? Mari ketahui berbagai obat alami radang tenggorokan yang ampuh di sini.

14 Bahan Alami untuk Obati Sakit Akibat Radang Tenggorokan

Ada beberapa obat batuk dan sakit tenggorokan alami yang dapat membantu meredakan gejala sakit tenggorokan dan kesulitan menelan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Radang tenggorokan sering dialami banyak orang, terlebih saat cuaca sedang kurang menentu. Sensasi sakit di tenggorokan umumnya merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami infeksi karena kekebalan tubuh yang menurun. 

Rasa gatal, sulit menelan, sensasi terbakar, sakit tenggorokan adalah hal-hal yang dapat terjadi saat radang tenggorokan. Terlebih, jika gejala tersebut disertai gejala lain dari flu atau batuk. Cukup menyiksa, bukan?

Obat Sakit Radang Tenggorokan Alami di Rumah

Salah satu kiat mengatasi sakit radang tenggorokan adalah berkumur (gargling). Gargling berbeda dengan berkumur pada umumnya umum. Berkumur gargling dilakukan dengan mendongakkan kepala ke atas dan mulut terbuka. 

Teknik gargling merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan. Selain gargling, berikut adalah obat alami sakit radang tenggorokan yang bisa kamu gunakan di rumah.

1. Air Garam

Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering kamu dengar. Cobalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan.

Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan mulut terbuka, mulailah mencoba gargling. Berkumur merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

2. Madu 

Madu sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami sakit tenggorokan. Masyarakat sering mengonsumsi madu yang dicampur ke dalam teh atau air hangat. Campuran ini dinilai dapat membantu meredakan tenggorokan yang iritasi.

Selain itu, mengonsumsi lebih banyak air saat radang tenggorokan adalah langkah tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Di dalam sebuah penelitian, madu dinilai dapat menekan batuk dengan baik dan sama efektifnya dengan obat batuk yang dijual bebas.

3. Lemon

Kamu bisa mengobati radang tenggorokan dengan cara berkumur menggunakan campuran 1 sendok teh jus lemon di dalam 1 gelas air. Tips ini adalah salah satu cara mengobati sakit tenggorokan alami yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah.

Campuran bahan alami ini dapat membantu mengempiskan jaringan tenggorokan yang membengkak dan memberikan lingkungan asam bagi virus serta bakteri.

Akan lebih terasa lebih nyaman jika kamu menikmatinya dalam air yang bersuhu hangat. Jika hendak memberikan gula, gunakan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Meskipun penggunaan gula sebaiknya tidak perlu dalam hal ini.

Artikel Lainnya: Susah Menelan, Ini 5 Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah

4. Jahe

Obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan lainnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe dikenal memiliki efek anti inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan sekaligus peradangan.Menurut sebuah penelitian, jahe dapat digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan dengan cara memblokir protein proinflamasi di dalam tubuh.

5. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit akibat radang tenggorokan. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Kamu dapat mengonsumsi kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air hangat atau susu.

6. Teh Hijau

Teh hijau juga dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat untuk sakit tenggorokan. Teh hijau mengandung banyak antioksidan, dapat bertindak sebagai pereda nyeri, antibakteri, dan juga membantu mengurangi peradangan. 

Jadi, kalau kamu suka minum teh, pilihlah teh hijau sebagai obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Sakit Tenggorokan? Jangan Diremehkan!

7. Permen Pelega Tenggorokan

Kini sudah banyak permen pelega tenggorokan yang beredar di pasaran. Permen ini mengandung mentol yang dapat membuat jaringan di tenggorokan mati rasa secara sementara. Ini akan membuat tenggorokan kamu terasa lega untuk sementara waktu dari rasa nyeri.

Selain itu, permen juga membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu melumasi tenggorokan kamu agar tidak terasa kering.

8. Teh Chamomile

Teh chamomile

Selain teh hijau, teh chamomile juga bisa digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan di rumah. Teh ini bersifat menenangkan, mengandung zat antiinflamasi, antioksidan, dan sebagainya. Oleh karena itu, chamomile memang sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional.

Selain meminumnya, kamu juga dapat menghirup uap dari chamomile untuk membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan yang Ampuh

9. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami karena kandungan allicin, yaitu senyawa organosulfur yang dapat melawan infeksi. Karena itulah bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Kamu bisa memakan langsung bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya. Bisa juga menggunakan bawang putih sebagai bumbu penyedap rasa di dalam makanan kamu.

10. Baking Soda

Baking soda ternyata juga bisa menjadi obat alami sakit tenggorokan. Berkumur larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Bahkan, The National Cancer Institute merekomendasikan untuk berkumur dengan campuran 1 cangkir air hangat, ¼ sdt baking soda, dan ⅛ sdt garam. Kamu bisa berkumur menggunakan campuran tersebut setiap tiga jam sekali

11. Peppermint

Peppermint memang lebih sering digunakan untuk menyegarkan napas. Akan tetapi, mengonsumsi peppermint ternyata juga dapat mengatasi sakit tenggorokan. Sebab, kandungan mentol dari peppermint mampu membantu mengencerkan lendir dan meredakan nyeri. Peppermint juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong proses penyembuhan.

12. Teh Daun Sage

Teh sage memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan sakit akibat radang tenggorokan dan kesulitan menelan. Teh herbal juga dapat membantu melembapkan tenggorokan dan mengurangi batuk.Cara mengonsumsi teh sage untuk meredakan gejala sakit tenggorokan dan kesulitan menelan adalah dengan menambahkan satu sendok teh daun teh ke dalam air panas dan biarkan selama beberapa menit sebelum diminum.

13. Daun Sirih

Daun sirih mengandung antioksidan alami yang memiliki sifat antibakteri yang kuat. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung zat allylpyrocatechol (APC), yang memberikan manfaat baik untuk kesehatan mulut.

Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi zat asam yang dihasilkan oleh bakteri. Inilah yang membuat daun sirih menjadi spesialisasi dalam mengatasi radang tenggorokan.

Rebusan herbal dari daun sirih telah lama digunakan di Cina dan India untuk meredakan batuk akibat radang tenggorokan, karena mengandung vitamin B, C, serta alkaloid yang dapat meredakan peradangan.

14. Makan Sup Hangat

Kamu bisa mencoba mengonsumsi sup hangat untuk meredakan radang tenggorokanmu. Sup hangat membantu melembapkan tenggorokan yang kering dan sakit, membuat tenggorokanmu lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, sup juga memberikan nutrisi yang baik untuk membantu sistem kekebalan tubuhmu melawan infeksi.

Pilihlah sup yang tidak terlalu pedas dan hindari makanan yang bisa membuat tenggorokanmu lebih teriritasi. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya, ya, agar sakit akibat radang tenggorokanmu cepat hilang.

Cara Mencegah Sakit Radang Tenggorokan Kambuh

Nah, supaya di kemudian hari kamu tidak merasakan sakit akibat radang tenggorokan lagi, kamu harus menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut beberapa tips untuk mencegah radang tenggorokan dan kesulitan menelan, di antaranya:

  • Hindari merokok dan paparan asap rokok
  • Hindari minuman beralkohol dan minuman dingin
  • Jaga kelembapan udara di dalam ruangan
  • Cuci tangan secara teratur
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Minum air putih yang cukup

Sakit akibat radang tenggorokan dan kesulitan menelan biasanya dapat diatasi dengan berbagai bahan dan obat alami di atas. Selain mudah didapat, harganya pun cukup terjangkau. Jadi, jika kamu sakit tenggorokan, tidak perlu lagi buru-buru beli obat di apotek, dan cobalah gunakan bahan-bahan di atas.

Namun, jika gejala radang tenggorokanmu tidak membaik atau memburuk setelah beberapa hari, segera hubungi dokter. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Tanya Dokter.

tenggorokanobat