Sukses

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat diredakan dengan berbagai bahan alami. Apa saja? Mari ketahui berbagai obat alami sakit tenggorokan yang ampuh di sini.

Sakit tenggorokan sering dialami banyak orang, terlebih saat cuaca sedang kurang menentu. Sakit tenggorokan juga merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami infeksi karena kekebalan tubuh yang menurun. 

Rasa gatal, nyeri, tidak nyaman saat menelan, dan sensasi terbakar adalah hal-hal yang dapat terjadi saat sakit tenggorokan. Terlebih, jika gejala tersebut disertai gejala lain dari flu atau batuk. Cukup menyiksa, bukan?

Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Gargling berbeda dengan berkumur pada umumnya umum. Berkumur gargling dilakukan dengan mendongakkan kepala ke atas dan mulut terbuka. 

Teknik gargling merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan. Selain gargling, berikut adalah obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda gunakan di rumah.

1 dari 6 halaman

1. Air Garam

Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan.

Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan mulut terbuka, mulailah mencoba gargling. Berkumur merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Penyebab Sakit Tenggorokan Selain Batuk

2. Madu 

Madu sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami sakit tenggorokan. Masyarakat sering mengonsumsi madu yang dicampur ke dalam teh atau air hangat. Campuran ini dinilai dapat membantu meredakan tenggorokan yang iritasi.

Selain itu, mengonsumsi lebih banyak air saat sakit adalah langkah tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Di dalam sebuah penelitian, madu dinilai dapat menekan batuk dengan baik dan sama efektifnya dengan obat batuk yang dijual bebas.

2 dari 6 halaman

3. Lemon

Campurkan 1 sendok teh jus lemon di dalam 1 gelas air untuk berkumur. Campuran ini dapat membantu mengempiskan jaringan tenggorokan yang membengkak dan memberikan lingkungan asam bagi virus serta bakteri.

Akan lebih terasa lebih nyaman jika Anda menikmatinya dalam air yang bersuhu hangat. Jika hendak memberikan gula, gunakan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Meskipun penggunaan gula sebaiknya tidak perlu dalam hal ini.

Artikel Lainnya: Susah Menelan, Ini 5 Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah

4. Jahe

Obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan lainnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe dikenal memiliki efek anti inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan sekaligus peradangan.

Menurut sebuah penelitian, jahe dapat digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan dengan cara memblokir protein proinflamasi di dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

5. Teh Hijau

Teh hijau juga dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat untuk sakit tenggorokan. Teh hijau mengandung banyak antioksidan, dapat bertindak sebagai pereda nyeri, antibakteri, dan juga membantu mengurangi peradangan. 

Jadi, kalau Anda suka minum teh, pilihlah teh hijau sebagai obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Sakit Tenggorokan? Jangan Diremehkan!

6. Permen Pelega Tenggorokan

Kini sudah banyak permen pelega tenggorokan yang beredar di pasaran. Permen ini mengandung mentol yang dapat membuat jaringan di tenggorokan mati rasa secara sementara. Ini akan membuat tenggorokan Anda terasa lega untuk sementara waktu dari rasa nyeri.

Selain itu, permen juga membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu melumasi tenggorokan Anda agar tidak terasa kering.

4 dari 6 halaman

7. Teh Chamomile

Selain teh hijau, teh chamomile juga bisa digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan di rumah. Teh ini bersifat menenangkan, mengandung zat antiinflamasi, antioksidan, dan sebagainya. Oleh karena itu, chamomile memang sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional.

Selain meminumnya, Anda juga dapat menghirup uap dari chamomile untuk membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan yang Ampuh

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami karena kandungan allicin, yaitu senyawa organosulfur yang dapat melawan infeksi. Karena itulah bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Anda bisa memakan langsung bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya. Bisa juga menggunakan bawang putih sebagai bumbu penyedap rasa di dalam makanan Anda.

5 dari 6 halaman

9. Baking Soda

Baking soda ternyata juga bisa menjadi obat alami sakit tenggorokan. Berkumur larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Bahkan, The National Cancer Institute merekomendasikan untuk berkumur dengan campuran 1 cangkir air hangat, ¼ sdt baking soda, dan ⅛  sdt garam. Anda bisa berkumur menggunakan campuran tersebut setiap tiga jam sekali

10. Peppermint

Peppermint memang lebih sering digunakan untuk menyegarkan napas. Akan tetapi, mengonsumsi peppermint ternyata juga dapat mengatasi sakit tenggorokan. 

Sebab, kandungan mentol dari peppermint mampu membantu mengencerkan lendir dan meredakan nyeri. Peppermint juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong proses  penyembuhan.

Itu dia beberapa obat alami sakit tenggorokan yang dapat Anda gunakan di rumah. Selain mudah didapat, harganya pun cukup terjangkau. Jadi, jika Anda sakit tenggorokan, tidak perlu lagi buru-buru beli obat di apotek, dan cobalah gunakan bahan-bahan di atas.

Cari tahu informasi pengobatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar