Sukses

Madu untuk Sariawan

Madu ternyata bisa juga untuk meringankan kondisi sariawan lho, simak selengkapnya disini oleh drg. Arni Maharani.

Klikdokter.com - Madu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaannya cukup luas, dari sebagai bagian bahan masakan sampai dijadikan obat alternatif. 

Pada jenis madu tertentu terkadang harganya relatif mahal, namun tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap khasiatnya membuat harga tidak begitu dipermasalahkan.

Fungsi madu sebagai obat alternatif pada beberapa penyakit kian digandrungi karena juga dianggap tidak mempunyai efek samping. 

Lalu sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana madu dapat bermanfaat untuk khasiat kesehatan mulut? Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Khasiat Madu

gigi, mulutSejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena matahari dan sebagai obat untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka.

Sifat madu yang merupakan antiradang dan antiinfeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka, berdasarkan suatu laporan menyatakan bahwa luka dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu.

Propolis sebagai salah satu komponen yang terdapat dalam madu merupakan zat yang mempunya sifat antibakteri, selain itu kemampuan madu dalam merangsang regenasi jaringan dikarenakan kandungan nutrisinya yang meliputi asam amino, vitamin, mineral dan glukosa.

2 dari 3 halaman

Khasiat Madu Terhadap Sariawan

Sariawan bukan hal yang aneh lagi dikalangan masyarakat. Keberadaannya dalam rongga mulut sungguh mengganggu, rasa sakit yang ditimbulkan akan semakin menjadi pada saat makan dan minum. Salah  satu prinsip dalam mengatasi sariawan adalah dengan mencegah terjadinya infeksi sekunder, maka dibutuhkan suatu obat sebagai antiradang, antibakteri dan antiseptik. Sifat antiradang, antibakteri dan kemampuan dalam merangsang regenerasi jaringan yang dimiliki oleh madu menjadikannya sebagai alternatif obat yang baik untuk mengatasi sariawan. Penggunaannya adalah dengan mengoleskan madu pada luka sariawan tersebut.

    0 Komentar

    Belum ada komentar