Sukses

Ini Khasiat Hebat Madu untuk Mengatasi Sariawan

Tak hanya sebagai bahan makanan, madu juga banyak dimanfaatkan sebagai obat. Salah satunya adalah untuk mengatasi sariawan yang terbilang cukup efektif.

Pada kebanyakan kasus, sariawan memang tidak berbahaya. Namun, kemunculannya bisa menyakitkan dan mengganggu aktivitas, terutama saat makan. Nah, katanya mengoleskan madu cukup efektif untuk mengatasi sariawan, lho! Pernah coba?

Sariawan umumnya berbentuk bulat atau oval, dengan warna putih atau kuning di bagian tengah, dan berwarna kemerahan di pinggirnya. Jenis sariawan beragam, bisa berbentuk kecil, besar, maupun kecil-kecil dalam jumlah banyak. 

Dalam rongga mulut, sariawan bisa muncul di gusi, bagian dalam pipi, bagian dalam bibir, dan lidah.

Sariawan yang ringan biasanya tak butuh pengobatan khusus karena bisa sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Kalau pun pakai obat, ini ditujukan untuk mengurangi gejala atau nyeri. 

Bila tak tahan dengan rasa perihnya, ada beberapa cara alami untuk menyembuhan sariawan lebih cepat. Salah satunya adalah dengan madu.

1 dari 4 halaman

Madu untuk Mengatasi Sariawan

Madu sudah sejak lama diketahui memiliki kekuatan antibakteri dan antiperadangan. Untuk kasus sariawan, madu terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri yang timbul, ukuran, kemerahan, serta mencegah terjadinya infeksi sekunder.

Pada suatu penelitian yang membandingkan sariawan yang berulang, pasien yang diberikan madu sariawannya lebih cepat sembuh dibandingkan dengan pasien yang diberikan salep triamcinolone.

Kendati demikian, tidak semua madu diolah dengan cara yang sama, dan madu yang mengalami proses pasteurisasi dengan suhu tinggi dapat merusak berbagai nutrisinya.

Nah, untuk mengatasi sariawan, Anda dianjurkan untuk memilih madu yang tidak mengalami proses pasteurisasi dan tidak difilter. 

Contohnya adalah madu manuka, jenis madu yang paling sedikit mengalami pemrosesan, sehingga mempertahankan kemampuannya dalam menyembuhkan sariawan.

Artikel Lainnya: 6 Cara Mengobati Sariawan Saat Puasa

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Madu sebagai Obat Sariawan Alami

Cara memanfaatkan madu sebagai obat sariawan sangat mudah, yaitu oleskan ke sariawan sebanyak empat kali sehari. 

Supaya tidak sampai lupa, oleskan madu setelah menyikat gigi pada pagi hari, setelah kumur-kumur dengan air setelah makan siang dan makan malam, dan sesaat sebelum tidur pada malam hari.

Ingat, setelah makan, madu perlu diaplikasikan lagi agar sariawan selalu dalam keadaan terobati. Apabila Anda ngemil di antara jam makan besar, kemungkinan besar madu yang dioleskan ke sariawan akan tercampur dan tertelan bersama air liur. Jadi, oleskan ulang, ya!

Artikel Lainnya: 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu

3 dari 4 halaman

Bahan Alami Selain Madu untuk Sariawan

Bila tak ada stok madu di rumah, jangan khawatir, karena masih ada bahan lainnya yang juga bisa membantu mengatasi sariawan. Apa saja?

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya alias aloe vera dikenal memiliki kemampuan antiseptik dan mengandung zat antioksidan serta antiradang, sehingga pas untuk mengobati sariawan.

Kini lidah buaya tersedia di pasaran dalam sediaan gel atau spray yang mudah digunakan. Anda juga bisa berkumur sebanyak tiga kali sehari. Caranya adalah dengan menuangkan 1-3 sendok makan ekstrak lidah buaya. Tak perlu khawatir bila tak sengaja tertelan.

  1. Kunyit

Zat curcumin yang terkandung dalam kunyit memang memiliki banyak khasiat. Membantu menyembuhkan sariawan adalah salah satu di antaranya. Ini karena curcumin mengandung antioksidan dan zat antiradang.

Artikel Lainnya: Berkenalan dengan Madu Manuka, Madu dari Selandia Baru

  1. Chamomile

Disukai banyak orang dalam bentuk teh dan aromaterapi, chamomile juga bisa Anda andalkan untuk membantu mengatasi sariawan.

Tak banyak yang tahu bahwa teh chamomile yang pekat bisa digunakan untuk berkumur. Lakukan sebanyak empat kali sehari, kemudian kantong teh bisa ditempelkan di bagian mulut yang kena sariawan.

Masih banyak bahan alami lainnya yang bisa jadi obat sariawan alami. Selegkapnya bisa dibaca di sini.

Jadi, madu memang bisa jadi obat sariawan alami. Namun, pastikan produk madu yang Anda beli asli, tidak terlalu banyak mengalami pemrosesan, dan tidak ditambahkan banyak gula. 

Demikian manfaat madu untuk sariawan serta beberapa bahan alami lainnya. Bila ingin tahu cara mengatasi sariawan lainnya, tinggal klik fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk chat dengan dokter. Namun, bila sudah melakukan berbagai cara tapi sariawan tak kunjung membaik atau makin parah, sebaiknya buat janji temu dengan dokter, ya!

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar