HomeInfo SehatKesehatan Umum6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai
Kesehatan Umum

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

dr. Dewi Ema Anindia, 05 Jan 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Nyeri dada? Leher kaku? Kesemutan? Atau sekedar pegal-pegal? Sangat dianjurkan untuk tidak disepelekan! Karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala penyakit yang fatal. Simak selengkapnya oleh dr. Dewi Ema Anindia disini.

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Klikdokter.com – Tidak sedikit akhir-akhir ini banyak penderita penyakit degeneratif yang datang ke dokter justru sudah dalam kondisi sudah kronik.  Sebut saja diantaranya seperti diabetes, osteoporosis, stroke, hipertensi dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan temuan kondisi tubuh sulit disembuhkan kecuali dengan upaya keras pasien dan dokter serta izin Tuhan YMK.

Hal ini banyak difaktori karena tidak sedikit juga pasien yang tidak menyadari telah muncul gejala-gejala penyakit tersebut sebelumnya, namun diabaikan karena kurangnya pengetahuan kesehatan ataupun rendahnya pemaknaan nilai kesehatan pada dirinya.

Semua penyakit-penyakit tersebut dikenal memiliki sebagai ‘silent killer’, karena munculnya seolah sekonyong-konyong tiba-tiba akut, padahal penyakit-penyakit tersebut sejatinya kronis dan lama mengintai.

Namun jika Anda peduli dengan kesehatan Anda lebih dini, maka tetap lanjutkan membaca artikel ini, karena berikut ini adalah beberapa paparan gejala-gejala penyakit yang seringkali disepelekan namun fatal bak bom waktu, antara lain:

Gejala yang Patut Diwaspadai:

Beberapa gejala yang harus segera diwaspadai dan disikapi dengan tindak lanjut pemeriksaan oleh dokter:
  1. Kelemahan dari tangan atau kaki, kesemutan, kebal, pusing, pandangan ganda, sulit berbicara, sulit menemukan kata-kata, kelemahan tubuh terutama kelemahan tubuh sebelah

Tanda-tanda ini merupakan suatu tanda dari stroke, yaitu suatu keadaan dimana pembuluh darah yang mensuplai oksigen ke otak tersumbat atau pecah yang membuat jaringan otak mati. Waktu merupakan hak yang penting jadi bila memang ada tanda-tanda ini segera hubungi rumah sakit.

  1. Nyeri dada atau rasa tidak enak di dada, nyeri pada tangan, dagu atau leher; keringat dingin; kelemahan yang berat; mual; muntah; ingin pingsan; atau sesak nafas

Tanda-tanda ini merupakan tanda dari serangan jantung. Bila timbul gejala ini ada baiknya Anda segera menghubungi rumah sakit. Tidak semua orang yang menderita serangan jantung merasakan nyeri dada. Banyak orang terutama wanita, orangtua, atau orang dengan diabetes yang tidak merasakan nyeri dada, namun hanya muncul keluhan mendadak nyeri kepala, jantung berdebar, sesak nafas, keringat berlebihan, mual dan muntah.

  1. Nyeri pada kaki belakang, nyeri dada,  sesak nafas atau batuk darah

Keluahan ini merupakan tanda dari adanya penyumbatan di pembuluh darah kaki terutama bila keluhan ini muncul setelah duduk dalam waktu lama.

  1. Darah pada urin disertai nyeri

Bila muncul darah di urin merupakan keadaan dimana sebaiknya Anda mengunjungi dokter walaupun tidak ada nyeri. Urin disertai nyeri merupakan suatu tanda adanya infeksi pada saluran kemih atau prostat atau batu ginjal.

  1. Gejala asma yang tidak membaik

Serangan asma biasanya ditandai dengan mengi atau kesulitan bernafas. Bila dengan obat keluhan tetap tidak membaik sebaiknya Anda segera menghubungi rumah sakit. Bila serangan asma tidak diobati maka dapat terjadi kelemahan otot dada hingga kematian.

  1. Depresi dan keinginan bunuh diri

Depresi dapat menjadi keluhan yang sangat menggangu dan serius untuk beberapa orang. Gejala dari depresi seperti kesedihan, kelelahan, cemas, perubahan pola tidur dan kehilangan nafsu makan.

sakitBahayaGejala

Konsultasi Dokter Terkait