Sukses

Inilah Cara-cara Penularan HIV

Saatnya Anda perlu lebih berhati-hati agar tidak tertular penyakit satu ini. Simak penjelasan dr. Alvin Nursalim disini.

KlikDokter.com - HIV-AIDS merupakan suatu infeksi yang diakibatkan oleh virus Human Immunodefieciency Virus (HIV). Penyakit ini menyerang sistem imun tubuh manusia dan menyebabkan tubuh manusia rentan terhadap berbagai penyakit.

Namun penyakit HIV dapat dicegah dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan dan tidak melakukan pola hidup berisiko.

Mari kita kenali cara penularan dan cara pencegahan virus HIV.

1 dari 4 halaman

Bagaimana cara penularan virus HIV?

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan.

Bagaimana cara pencegahan penularan virus HIV? Berikut penjelasannya:

2 dari 4 halaman

Bagaimana cara pencegahan penularan virus HIV?

Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI). Jadi terdapat beberapa cara pecnegahan penularan virus HIV, diantaranya:

  • Hindari berhubungan seksual di luar nikah
  • Hindari berhubungan seksual dengan orang yang berisiko tinggi HIV (orang dengan pasangan seksual banyak, pengguna jarum suntik secara bebas).
  • Gunakanlah kondom saat berhubungan seksual
  • Hindari penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau ebrgantian
  • Gunakan alat medis dan nonmedis yang terjamin sterilitasnya.

Apa yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa diri saya tidak menderita penyakit HIV? Berikut penjelasannya:

3 dari 4 halaman

Apa yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa diri saya tidak menderita penyakit HIV?

Penyakit HIV dapat dideteksi dengan menggunakan pemeriksaan darah. Namun tentu pemeriksaan darah tidak dilakukan pada setiap individu. Apabila Anda pernah memiliki pola hidup berisiko, hubungan seksual bebas, atau menggunakan jarum suntik bersama, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mendiskusikan tentang diagnosis HIV. Penyakit HIV dapat dikontrol dengan obat, karena itu penting untuk melakukan diagnosis yang cepat dan tepat.

0 Komentar

Belum ada komentar