Sukses

4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat

Anda berencana mendapatkan perut idaman yang rata dan berotot? Ada baiknya menyimak tulisan ini sebelum Anda berlatih olahraga. Simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.

Klikdokter.com - Seiring dengan derasnya arus media yang menyajikan berbagai berita tentang model dan artis Hollywood bertubuh kurus dan berperut rata, menjadikan banyak khalayak berlomba-lomba mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan perut rata atau bahkan dengan sixpack (berotot).

Sebelum Anda mencoba berbagai diet dan latihan yang dilakukan oleh artis Hollywood untuk mengecilkan perut, ada baiknya Anda memulai pola makan yang sehat dan seimbang. Berikut tipsnya:

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Cepat # 1: Jangan Lewatkan Sarapan

cara mengecilkan perutBanyak orang melewatkan sarapan karena berpikir hal tersebut akan membuatnya kurus dan membuat perut Anda tampak lebih singset. Justru sebaliknya. Pada beberapa studi ditemukan bahwa sarapan justru dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan.

Hal ini dikarenakan, ternyata dengan sarapan pagi, dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat saat makan siang ataupun malam. Beberapa dari Anda mungkin meninggalkan sarapan dengan alasan takut gemuk, sehingga mengurangi asupan kalori dan Anda memilih untuk menguranginya di pagi hari. (BacaSarapan Porsi Besar Membantu Wanita Menurunkan Berat Badan)

Namun sayangnya cara ini kurang efektif karena ternyata dengan tidak sarapan, Anda akan merasa lebih lapar dan akan makan lebih banyak lagi saat makan siang atau malam.

Anda dapat memilih sarapan yang rendah kalori seperti roti gandum ataupun bubur oat dengan potongan buah-buahan.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Cepat # 2: Makan 5 Porsi Buah dan Sayuran Setiap Hari

cara mengecilkan perutBuah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Terlebih lagi, buah dan sayuran juga tinggi akan serat sehingga membuat Anda lebih cepat kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengemil.

Selain itu, secara umum, makanan tinggi serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna sehingga tidak menyebabkan kita cepat lapar. Selain itu jumlah kalorinya juga rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan normal.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Cepat # 3: Kurangi Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Gula

cara mengecilkan perutMakanan tinggi akan lemak jenuh antara lain terdapat pada daging yang diproses seperti sosis, biskuit, keripik. Sedangkan makanan kaya gula dapat ditemui pada cake, permen, coklat, dsb.

Makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan gula mengandung kalori yang tinggi dan membuat Anda mengalami peningkatan berat badan secara cepat.

Semua pemanis buatan mengandung kalori dan tidak mengandung vitamin, mineral apalagi serat. Sebuah studi menyebutkan bahwa gula tinggi dapat meningkatkan lemak pada perut yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut yang Cepat # 4: Pastikan Anda Cukup Minum Air Putih

cara mengecilkan perutCobalah untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Asupan cairan yang cukup juga bisa Anda dapati dari jus buah (tanpa gula tentunya) ataupun susu.

Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda.

Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan.

Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya.

Bahkan, dengan rutin meminum air Anda sekaligus dapat menjaga ukuran perut dengan bijaksana. 

0 Komentar

Belum ada komentar